Yen Menguat Tipis Karena Bursa Jepang Libur Ultah Kaisar

322

Bursa keuangan Jepang akhir pekan libur dikarenakan libur nasional merayakan ulang tahun kaisar Jepang atau biasa disebut Emperor’s birthday, sehingga membuat volume perdagangan valas banyak berkurang dan nilai perdagangan mata uang yen jadi terbatas terhadap semua rivalnya.

Sekalipun pemerintah AS melaporkan pertumbuhan ekonominya di kuartal ketiga lalu alami peningkatan melebihi kuartal sebelumnya, namun proyeksi untuk kuartal keempat menempatkan PDB AS lebih rendah membuat dollar AS sedikit tertahan dengan kekuatan yen Jepang.

Yen juga memperoleh tenaga dari pertimbangan pasar akan beberapa data ekonomi AS yang berada di bawah Jepang seperti data pengangguran dan tingkat upah pekerja. Jepang memiliki tingkat pengangguran jauh dibawah rata-rata 20 tahun demikian juga dengan tingkat pertumbuhan upahnya.

Untuk pergerakan selanjutnya hingga sesi malam, pair USDJPY dapat melaju kembali menerima sentimen positif dari rilis data new home sales dan revisi sentimen konsumen UoM Amerika Serikat.

Pergerakan kurs yen  sesi Asia (00:00:35 GMT) menguat  terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih tinggi  pada 117.55 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) bergerak retreat teknikal  dan kini nilai pair bergulir  pada 117.49.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam berpotensi naik, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya akan naik  ke kisaran  117,83-118,26  jika penurunan pair tidak sampai di  kisaran 117.27-116.85.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here