Bursa Eropa Akhir Pekan Flat; Mingguan Masih Positif

409

Bursa Saham Eropa ditutup flat pada akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat malam (23/12) perdagangan menipis menjelang liburan panjang Natal.

Indeks FTSE100 berakhir 0,06 persen lebih tinggi menjadi 7068.17 dengan pasar U.K. ditutup pada 12.30 waktu p.m London. Untuk minggu ini indeks naik 0,78 persen.

Indeks DAX30 Jerman turun 0,05 persen menjadi 11449.33. Untuk minggu ini indeks masih positif 0,39 persen.

Indeks CAC40 Perancis naik 0,1 lebih tinggi menjadi 4839.68. untuk minggu ini indeks naik 0,21 persen.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 berakhir naik 0,02 persen lebih tinggi. Saham perbankan merosot ke wilayah negatif.

Deutsche Bank medekat ke puncak, bergerak di sekitar 3,4 persen lebih tinggi, setelah pengumuman pra pembukaan Jumat telah setuju untuk membayar $ 7,2 miliar untuk menyelesaikan investigasi yang dipimpin oleh dugaan kesalahan penjualan hipotek sekuritas (MBS) Departemen Kehakiman AS.

Ini dengan Credit Suisse menyerahkan keuntungan untuk menutup 0,7 persen lebih rendah pada Jumat pagi setelah mengungkapkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan otoritas AS untuk menyelesaikan tuntutan karena perannya dalam mis-menjual MBS. Pemberi pinjaman Swiss diminta untuk menghidupkan total $ 5,7 miliar. Bank yang berbasis di Zurich mengatakan akan mengambil biaya pra-pajak sekitar $ 2 miliar untuk membayar pemukiman.

Sementara, Bank Barclays U.K. ditutup 0,3 persen lebih rendah pada berita penuntutan oleh jaksa federal untuk MBS yang menduga penipuan dikeluarkan selama puncak dari gelembung perumahan AS.

Setelah pemerintah Italia mengungkapkan Jumat pagi bahwa ia telah menyetujui pembentukan dana penyelamatan 20 miliar euro ($ 20900000000) untuk bank-bank bermasalah, sektor perbankan negara itu dipindahkan sekitar 1,7 persen lebih tinggi.

Ini sebagai saham, derivatif dan obligasi sepuluh tahun di pemberi pinjaman Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) dihentikan pada hari Jumat. Bank diatur menjadi penerima pertama dari dana negara setelah harapan BMPS untuk menaikkan modal swasta gagal pada Kamis malam.

Di tempat lain di Eropa, sebuah pesawat dari penerbangan internal di Libya dibajak dan dialihkan ke Malta di mana ia mendarat pada Jumat pagi, menurut Reuters. Dua pembajak mengancam akan meledakkan Airbus A320 yang memiliki penumpang 118 orang, Times of Malta melaporkan.

Kantor Statistik Nasional (ONS) merevisi estimasi untuk produk domestik bruto (PDB) U.K. atas selama tiga bulan setelah pemungutan suara negara untuk meninggalkan Uni Eropa. ONS menunjukkan bahwa PDB U.K. tumbuh 0,6 persen untuk kuartal ketiga 2016 dibandingkan 0,5 persen seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Harga minyak merosot di bawah $ 55 dolar per barel pada hari Jumat karena dolar AS menguat terhambat bullish untuk komoditas sebelum liburan Natal dan produksi Libya tinggi mengancam penurunan produksi oleh OPEC dan non-anggota OPEC. Minyak mentah Brent diperdagangkan di sekitar $ 55,18 per barel pada hari Jumat, naik 0,11 persen, sedangkan AS WTI adalah sekitar $ 52,99 per barel, naik hampir 0,1 persen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here