Bursa Wall Street Akhir Pekan Naik Terbantu Positifnya Ekonomi; Mingguan Masih Mantap

446

Bursa saham AS ditutup sebagian besar datar pada akhir perdagangan akhir pekan hari Sabtu dinihari (24/12) menjelang liburan Natal, terdukung positifnya data ekonomi, namun Dow Jones gagal lagi untuk mencapai level psikologis penting 20.000.

Dalam berita ekonomi, sentimen konsumen untuk bulan Desember datang di 98,2, di atas perkiraan pembacaan dari 98,0. Penjualan rumah baru naik 5,2 persen bulan lalu, lebih dari yang diperkirakan.

Dow Jones ditutup sekitar 15 poin lebih tinggi, dengan saham UnitedHealth berkontribusi paling besar dalam keuntungan.

Memasuki sesi Jumat, indeks blue-chip adalah sekitar 0,4 persen mencapai 20.000, yang datang dalam 13 poin dari level awal pekan ini.

Indeks S & P 500 juga ditutup 0,1 persen lebih tinggi, dengan sektor perawatan kesehatan yang menguat tertinggi dan sektor konsumen discretionary tertinggal terbesar. Perawatan kesehatan adalah sektor berkinerja terburuk dalam S & P untuk tahun ini, setelah jatuh lebih dari 3 persen.

Tiga indeks utama membukukan keuntungan mingguan sedikit.

Volume perdagangan di AS menipis minggu ini, karena kebanyakan investor dan pedagang telah meninggalkan kantor mereka dalam liburan Natal. Pasar AS akan ditutup Senin dengan memperhatikan liburan.

Investor terus mencermati bank-bank Eropa, setelah Italia menyetujui bailout negara untuk Banca Monte dei Paschi di Siena, Bank tertua di dunia dan terbesar ketiga pemberi pinjaman negara itu.

Sementara itu, Credit Suisse setuju pada prinsipnya untuk membayar otoritas AS $ 2480000000 untuk menyelesaikan klaim di sekuritas berbasis mortgage perumahan itu dijual dalam jangka krisis keuangan tahun 2008. Jerman Deutsche Bank juga setuju untuk menyelesaikan gugatan terpisah dengan pemerintah AS.

Dolar AS turun sedikit terhadap sekeranjang mata uang, dengan euro dekat $ 1,045 dan yen sekitar 117,3. Treasury AS diperdagangkan mixed, dengan imbal hasil surat utang dua tahun naik menjadi 1,20 persen dan imbal hasil 10 tahun tergelincir menjadi 2,54 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 14,93 poin, atau 0,07 persen menjadi 19,933.81, dengan kenaikan tertinggi saham UnitedHealth Group dan saham Microsoft yang menurun terbesar. Untuk minggu ini indeks naik 0,46 persen.

Indeks S & P 500 ditutup 2,83 poin lebih tinggi, atau 0,13 persen, pada 2,263.79, dengan sektor perawatan kesehatan memimpin delapan sektor yang lebih tinggi dan sektor konsumen discretionary yang tertinggal. Untuk minggu ini indeks naik 0,25 persen.

Indeks Nasdaq naik 15,27 poin, atau 0,28 persen, menjadi berakhir pada 5,462.69. Untuk minggu ini indeks naik 0,47 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak positif setelah liburan Natal terdukung positifnya data ekonomi. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa global.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Image : vibizmedia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here