Optimisme Konsumen AS Bulan Desember Melonjak

437

Lonjakan kepercayaan konsumen terlihat sejak pemilihan presiden AS pada laporan akhir Desember ini, menurut University of Michigan yang dirilis Jumat (23/12).

Pembacaan Final Desember sentimen konsumen naik ke 98,2 pada bulan Desember, naik baik dari pembacaan awal 98 di awal bulan dan pembacaan akhir November dari 93,8.

Ekonom yang disurvei MarketWatch memperkirakan pembacaan akhir dari 98,3 untuk Desember.

Pembacaan Desember adalah yang tertinggi sejak Januari 2004.

Survei menemukan bahwa konsumen mengharapkan bahwa ekonomi yang lebih kuat akan menciptakan lebih banyak pekerjaan.

Analis mengikuti pembacaan kepercayaan diri untuk mencari petunjuk tentang belanja konsumen, tulang punggung perekonomian.

Sentimen konsumen telah meningkat 11 poin selama dua bulan terakhir.

Sementara catatan 18% dari konsumen secara spontan menyebutkan “diharapkan” dampak menguntungkan dari kebijakan Donald Trump pada ekonomi, hampir sama banyak, 16%, disebut menyatakan tidak baik untuk kebijakan yang akan datang.

Harapan yang tinggi bisa menjadi pedang bermata dua bagi presiden terpilih. Di satu sisi, harapan yang menguntungkan bisa membantu menaikkan pertumbuhan awal sebelum kebijakan ekonomi Trump diberlakukan, tetapi mereka juga bisa membentuk standar kinerja yang lebih tinggi yang akan digunakan untuk menilai kepresidenannya.

Menurut University of Michigan, yang merupakan ukuran dari pandangan konsumen pada kondisi saat ini naik menjadi 111,9 pada Desember dari 107,3 pada bulan November, sementara barometer harapan mereka naik ke 89,5 dari 85,2.

Ekspektasi inflasi jangka panjang tenggelam ke semua-waktu rendah dari 2,3%, dibandingkan dengan 2,6% pada Desember 2015.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here