Sanggupkah Dollar AS Pekan Ini Kembali Bullish

372

Hingga pekan lalu, dollar AS berhasil rally selama 3 pekan berturut dan berhasil mencapai nilai tertinggi sepanjang 14 tahun terhadap semua rival utamanya. Posisi tertinggi 14 tahun tersebut berhasil dicapai di hari kedua setelah kemudian hingga akhir pekan alami profit taking.

Tingginya nilai dollar AS terhadap semua mata uang dunia 2 hari pertama pekan lalu didorong oleh mantapnya rilis data PDB AS Q3 sebelumnya dan proyeksi kenaikan Fed rate lanjutan di tahun 2017. Pada pertemuan Fed terakhir beberapa waktu lalu mengumumkan akan menaikkan suku bunganya kembali pada tahun 2017 sebanyak 3 kali setelah bulan ini dinaikkan 25 bp ke 0,50-0,75%.

Namun sentimen liburan Natal yang cukup panjang bagi perdagangan forex membuat pasar banyak ambil untung terhadap portofolio mereka terhadap dollar AS. Momentum tekanan jual yang cukup besar dan panjang tersebut dijadikan pijakan bagi beberapa rival-rival utamanya untuk rebound dan cetak rally.

Dan untuk perdagangan pekan ini analyst Vibiz Research Center memperkirakan secara teknikal pergerakan indeks dollar konsolidasi di range bullish kuatnya dan cenderung menguat terbatas. Demikian juga secara fundamental sedikit menerima kekuatan dari rilis data CB Consumer Confidence pada Selasa malam dan dibatasi oleh data tenaga kerja Unemployment Claims pada Kamis malam.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here