Saham Astra Dominasi Top Gainers, UNTR Berhasil Rally

462

Mengakhiri perdagangan saham sesi pertama hari ini, terpantau saham-saham Astra Group dominasi top gainers seperti saham ASII, AALI dan UNTR. Ketiga saham Astra tersebut bergerak di zona positif setelah perdagangan sebelumnya anjlok 2 hari berturut untuk ASII dan AALI.

Sedangkan saham UNTR berhasil mencetak rally melanjutkan penguatan perdagangan akhir pekan lalu. Sebelumnya saham anak usaha PT Astral Internasional Tbk (ASII) ini rebound dari anjlok selama 6 hari berturut atau bangkit dari posisi terburuk sejak perdagangan bulan Oktober lalu.

Melihat perkembangan saham UNTR sebulan terakhir bergerak di range bearish sejak perusahaan melaporkan kinerja keuangan buruk pada kuartal ketiga lalu. Sejak bulan Mei hingga awal November saham bergerak bullish, dan turunnya kinerja keuangan perserosan dibandingkan dengan tahun 2015 menjadi salah satu sentimen negatif laju saham.

Melihat kinerja keuangan terakhir, laba bersih yang didapat UNTR hanya Rp3,1 triliun atau lebih rendah dari periode yang sama di 2015 sebesar Rp5,57 triliun. UNTR persalahkan turunnya pendapatan dan peningkatan beban perseroan pemicu penurunan laba tersebut. Pendapatan turun 10 persen lebih sedangkan peningkatan beban oleh kerugian nilai tukar mata uang asing.

Setelah saham UNTR pada perdagangan hari Selasa (27/12) dibuka kuat pada 20000, terus  bergerak positif hingga  menguat  ke posisi 20100. Hingga berita ini disampaikan, saham  sudah diperdagangkan sebanyak 15 ribu lot.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham UNTR sebelumnya bergerak kuat dengan  indikator MA  masih bergerak turun  dan indikator  Stochastic semakin bergerak naik di area jenuh jualnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik dengan +DI  mendatar  menunjukan pergerakan UNTR masih cukup kuat. Dengan kondisi teknikalnya  diprediksi rekomendasai trading hari ini pada target level resistance di level 22300  dan  target support di level 19720.

Lens Hue/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here