Bursa Shanghai 28 Desember Ditutup Negatif Terganjal Pengawasan Ketat Investasi Asuransi

321
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (28/12), indeks Shanghai berakhir turun -12,12 poin atau -0,39 persen pada 3102.54. Pelemahan bursa Shanghai terpicu tindakan terbaru regulator untuk menempatkan investasi saham agresif asuransi di bawah pengawasan ketat.

Kepercayaan investor terguncang oleh laporan media Rabu bahwa wakil ketua China Insurance Regulatory Commission (CIRC) telah mengatakan asuransi bukan sarana untuk memperkaya spekulan.

Juga pada Rabu, CIRC mengatakan telah menangguhkan dua perusahaan asuransi dari bisnis asuransi secara online dan memerintahkan mereka untuk tidak mengajukan persetujuan produk baru selama tiga bulan. Hal ini sebagai langkah terbaru untuk menempatkan asuransi di bawah pengawasan lebih dekat.

Semua sektor di Tiongkok melangkah mundur, dengan penurunan terbesar terlihat pada saham infrastruktur dan properti, turun sekitar 1 persen.

Kekuatan dalam komoditas membantu mengimbangi beberapa sentimen bearish terhadap bahan baku dan saham energi, dengan rebar dan kokas berjangka melonjak sekitar 5 persen dan 7 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan mencermati sentimen domestik juga pergerakan bursa Wall Street. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3022-2939 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3185-3264.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here