Data Ekonomi AS Mantap : Optimisme Konsumen, Harga Rumah dan Manufaktur Meningkat

582

Rilis data ekonomi AS pasca liburan Natal mantap, mensinyalkan aktivitas ekonomi AS membaik pada kuartal keempat.

Sebuah pengukuran dari kepercayaan konsumen AS naik lebih cepat dari yang diperkirakan bulan lalu. The Conference Board Consumer Confidence Index naik ke 113,7 pada bulan Desember, naik dari 109,4 pada bulan sebelumnya dan jauh di atas perkiraan 109,0.

“Lonjakan pasca-pemilu di optimisme ekonomi, pekerjaan dan prospek pendapatan, serta harga saham yang mencapai tinggi 13-tahun, itu paling menonjol di antara konsumen yang lebih dewasa,” Lynn Franco, direktur indikator ekonomi di The Conference Board , mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, harga rumah di AS naik pada bulan Oktober ke level tertinggi sejak krisis keuangan, tanda kuat bahwa penciptaan lapangan kerja yang kuat dan pertumbuhan upah yang lebih cepat yang meningkatkan dalam permintaan perumahan. Indeks harga rumah nasional naik 5,6% dalam 12 bulan sampai Oktober, naik dari 5,4% bulan sebelumnya. The Case-Shiller Index S & P / 20-kota naik 5,1% pada basis tahunan, naik dari 5% pada bulan September. Laporan menunjukkan bahwa Seattle, Denver, Portland dan Oregon terus membukukan tertinggi tahun ke tahun peningkatan.

united-states-case-shiller-home-price-index

Federal Reserve Bank of Richmond mengatakan indeks manufaktur Desember naik jauh lebih cepat dari yang diperkirakan di tengah pesanan baru dan pengiriman yang kuat. Survei Kelima Distrik Kegiatan Manufaktur naik menjadi 8 pada bulan Desember dari 4 bulan sebelumnya. Analis dalam estimasi median menyerukan peningkatan ke 5. Angka diatas nol merupakan sinyal ekspansi dalam kegiatan ekonomi.

united-states-richmond-fed-manufacturing-index-

The Fed Bank of Dallas juga melaporkan kenaikan dalam kegiatan manufaktur Texas pada kekuatan pertumbuhan produksi lebih cepat. The Manufacturing Business Index naik menjadi 15,5 pada Desember dari 10,2 pada bulan Oktober, kenaikan keenam berturut-turut.

united-states-dallas-fed-manufacturing-index-

Ekonomi AS tumbuh pada tahunan 3,5% pada kuartal ketiga, revisi estimasi menunjukkan pekan lalu. Angka-angka ekonomi terbaru menunjukkan ekonomi siap untuk mengakhiri tahun dengan catatan yang kuat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here