Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun, Pasar Mencermati Pelaksanaan Pemotongan Produksi

371

Harga minyak mentah turun tipis pada perdagangan sesi Asia hari Rabu karena pasar menunggu untuk melihat bagaimana anggota OPEC dan non-OPEC melaksanakan pemotongan pasokan yang direncanakan di tahun baru.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate turun 10 sen atau 0,19 persen menjadi $ 53,80 per barel setelah berakhir naik 88 sen menjadi $ 53,90 per barel di sesi sebelumnya.

Harga minyak mentah berjangka internasional Brent diperdagangkan turun 15 sen, atau 0,27 persen, pada $ 55,94 per barel, setelah penutupan sesi sebelumnya naik 93 sen.

Perdagangan diperkirakan akan tetap tipis pekan ini menjelang liburan Tahun Baru.

Pasar menunggu dan melihat pendekatan pada awal dari kesepakatan resmi bersejarah yang dicapai oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan beberapa anggota non-OPEC untuk mengurangi produksi mereka. Kesepakatan ini diatur untuk dimulai 1 Januari.

Produsen OPEC dan non-OPEC diharapkan untuk menurunkan produksi oleh hampir 1,8 juta barel per hari (bph), dengan Arab Saudi, produsen terbesar OPEC, setuju untuk menanggung bagian terbesar dari pemotongan.

Dalam sebuah tanda bahwa minyak produsen utama dunia mungkin mematuhi perjanjian mereka, anggota OPEC Venezuela mengatakan akan memotong 95.000 barel per hari produksi minyak di tahun baru.

Produsen minyak Rusia Gazprom Neft mengatakan berencana untuk meningkatkan produksi minyak sebesar 4,5 persen menjadi 5 persen tahun depan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah akan mencermati sentimen pemotongan produksi OPEC dan non OPEC yang berlaku mulai Januari 2017. Jika muncul sentimen optimis, akan menguatkan harga dan sebaliknya. Harga minyak mentah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 53,30 dan $ 52,80, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,30 dan $ 54,80.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here