Optimisme Bisnis dan Konsumen Desember Italia Meningkat

403

Optimisme di kalangan bisnis dan konsumen Italia bergerak naik pada bulan Desember, data menunjukkan pada hari Rabu (28/12), memberikan sedikit kejelasan tentang prospek pertumbuhan ekonomi negara yang rapuh memasuki tahun yang baru.

Survei oleh kantor statistik ISTAT menunjukkan sentimen membaik antara konsumen dan produsen yang di bangun dari referendum reformasi konstitusi 4 Desember yang menenggelamkan pemerintah mantan Perdana Menteri Matteo Renzi.

Indeks optimisme manufaktur ISTAT meningkat menjadi 103,5 pada bulan Desember dari 102,2 direvisi naik pada bulan November, untuk mencapai tingkat tertinggi selama satu tahun.

italy-business-confidence

Namun, optimisme turun tajam dalam industri konstruksi dan di antara penyedia layanan, menghasilkan penurunan kepercayaan bisnis secara keseluruhan.

Indeks optimisme bisnis, yang menggabungkan survei dari sektor manufaktur, ritel, konstruksi dan jasa, turun untuk bulan kedua berjalan ke 100,3 dari 101,4.

Kepercayaan konsumen meningkat tajam menjadi 111,1 dari 108,1 pada bulan November, membukukan level tertinggi sejak Juli.

italy-consumer-confidence

Pertumbuhan ekonomi Italia sedikit rebound pada kuartal ketiga, didukung oleh permintaan domestik, tapi masih belum diperkirakan akan melebihi 1 persen tahun ini, meninggalkan Italia dalam posisi sebagai salah satu perekonomian paling lamban di antara 19 anggota negara zona Eropa.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here