Produksi Industri November Jepang Meningkat

549

Produksi industri Jepang naik 1,5% pada bulan November, menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi terbesar ketiga di dunia terus meningkat.

Kenaikan itu sedikit lebih kecil dari kenaikan 1,7% yang diperkirakan oleh ekonom yang disurvei oleh Nikkei, dan datang setelah produksi tetap datar pada bulan Oktober, menurut data yang dirilis oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri, Rabu (28/12).

japan-industrial-production-mom

Para ekonom mengatakan peningkatan tersebut adalah tanda bahwa ekonomi Jepang secara perlahan meningkat pada lebih banyak permintaan untuk elektronik Jepang di luar negeri dan rebound dalam permintaan untuk barang-barang seperti mobil di dalam negeri. Penjualan mobil di Jepang telah meningkat selama empat bulan November, menurut data industri yang dirilis awal Desember.

produksi perangkat elektronik naik 3,6% pada bulan, bulan kedua meningkat. Produksi peralatan transportasi, termasuk mobil, naik 2,0% pada bulan setelah jatuh 0,6% pada bulan Oktober.

titik terang lain dalam data: Perusahaan penurunan persediaan untuk bulan ketiga berturut-turut, sementara pengiriman meningkat untuk bulan ketiga berturut-turut. Sebelumnya pada tahun 2016, persediaan mencapai tingkat tertinggi sejak 2009 secara musiman disesuaikan. Ekonom melihat menurunnya persediaan sebagai tanda bahwa perusahaan akan meningkatkan produksi.

Perusahaan mengharapkan produksi naik 2,0% pada bulan Desember dan kemudian meningkatkan 2,2% pada bulan Januari, berdasarkan survei perusahaan termasuk dalam data.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here