Bursa Eropa 29 Desember Turun Menjelang Libur Tahun Baru

375

Pasar Saham di Eropa lebih rendah pada hari Kamis (29/12) dalam perdagangan ringan menjelang menjelang libur Tahun Baru.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,24 persen dengan sektor perbankan dan sektor otomotif memimpin penurunan. Indeks Inggris FTSE 100 adalah melayang tepat di bawah rekor penutupan tertinggi 7.106 poin yang dicapai di sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman turun 0,24 persen dan indeks CAC Perancis turun 0,21 persen.

Wall Street dibuka sedikit lebih tinggi pada hari Kamis tapi ada sedikit harapan dari Dow Jones industrial average sulit dipahami gagal mencapai 20.000.

Credit Suisse memimpin sektor perbankan yang lebih rendah. Saham bank Swiss ini turun lebih dari 2,5 persen setelah laporan media bahwa pihak berwenang AS sedang menyelidiki penjualan obligasi ke Mozambik, yang bukannya digunakan untuk penangkapan ikan tuna tapi telah digunakan untuk membeli peralatan militer.

Di Italia, menteri ekonomi Pier Carlo Padoan mengatakan bahwa rekapitalisasi Monte dei Paschi akan mulai dalam dua sampai tiga bulan dan menambahkan bahwa rencana untuk mengkompensasi investor ritel telah disepakati dengan Komisi Eropa, Reuters melaporkan. Saham bank ini telah ditangguhkan dari perdagangan sejak pekan lalu. Semua bank-bank Italia lainnya jatuh pada hari Kamis, dengan Banco Popolare terkemuka terjun.

Saham Jerman pembuat plastik Covestro berada di bawah Stoxx 600, kontrak lebih dari 3,7 persen, setelah DZ Bank dowgraded dari “tahan” untuk “menjual.”

Saham sumber daya dasar yang turun lebih dari 0,4 persen setelah kenaikan kuat pada perdagangan Rabu. Pihak berwenang Tiongkok ditetapkan untuk audit ketat dari investasi di luar negeri oleh perusahaan nasional, Reuters melaporkan.

Saham di sektor telekomunikasi sedikit pulih pada perdagangan pagi ini setelah salah satu pemain terburuk di pembukaan. Italia CDP pemberi pinjaman negara mengumumkan Kamis tidak akan membeli ke Telecom Italia, setelah Perancis Vivendi memutuskan untuk meningkatkan saham di penyiar Italia Mediaset.

Dalam hal data, harga perumahan Inggris sedikit meningkat pada bulan Desember. Harga Perumahan Nationwide terbaru naik 4,5 persen tahun-ke-tahun dari 4,4 persen yang terdaftar pada bulan November. Harga pada bulan ke bulan naik sebesar 0,8 persen.

Sementara itu, semangat bisnis di Inggris mencapai 18-bulan tinggi. Sebuah survei Deloitte menunjukkan Kamis bahwa perusahaan-perusahaan Inggris lebih percaya diri pada kuartal keempat di belakang pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan, Reuters melaporkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pergerakan Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here