Bursa Seoul 29 Desember Ditutup Naik Terbantu Aksi Beli Saham Asing

535
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Kamis (29/12), indeks Kospi berakhir naik 0,1 persen, atau 2 poin di 2,026.46. Bursa Saham Korea Selatan ditutup sedikit lebih tinggi dibantu oleh pembelian asing.

Investor asing membeli bersih 128.6 miliar won.

Pada akhir perdagangan saham-saham kapital besar mixed. Saham Samsung Electronics turun 0,78 persen, saham SK hynix jatuh 1,43, saham Hyundai Motor melonjak 1,74 persen, saham Kia Motors naik 0,77 persen.

Saham-saham defensif berada di medan negatif, dengan raksasa utilitas yang dikelola negara KEPCO jatuh 2,22 persen.

Mata uang lokal ditutup pada 1,207.70 won terhadap dolar AS, naik 2,80 won dari penutupan sesi sebelumnya.

Dalam berita ekonomi, Kementerian Keuangan Korea Selatan merevisi perkiraan produk domestik bruto 2017 untuk 2017, turun menjadi 2,6 persen dari 3,0 persen sebelumnya.

Seoul juga melaporkan bahwa produksi industri naik 3,4 persen pada November dari bulan sebelumnya, kenaikan terkuat bulanan dalam hampir tujuh tahun.

Esok hari akan dirilis data inflasi Desember Korea Selatan yang diindikasikan stabil.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan menurun, jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Seoul akan bergerak positf jika bursa Wall Street terealisir meningkat dan data inflasi Korea Selatan terealisir stabil.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here