Harga Rumah Inggris Desember Naik Melebihi Perkiraan

217

Harga rumah di Inggris naik lebih cepat dari yang diharapkan pada bulan Desember, namun laju pertumbuhan kemungkinan akan memperlambat tahun 2017 di tengah ketidakpastian tentang perkembangan ekonomi, demikian laporan pemberi pinjaman hipotek Nationwide, Kamis (29/12).

Keuntungan tahunan berdiri di 4,5 persen pada Desember, naik dari 4,4 persen pada November. Ekonom yang disurvei bulan ini oleh Reuters memperkirakan untuk melihat pertumbuhan 3,8 persen.

Pasar properti Inggris melambat segera setelah pemungutan suara pada bulan Juni untuk meninggalkan Uni Eropa, tetapi sejak itu ekonomi telah lebih baik maka banyak ekonom yang memperkirakan harga rumah terus meningkat.

Nationwide menegaskan perkiraan bahwa harga rumah cenderung tumbuh sekitar 2 persen pada tahun 2017, meskipun angka tersebut akan tergantung pada bagaimana tarif ekonomi.

Suku bunga rendah secara nasional dan kekurangan rumah diharapkan untuk mendukung dukungan untuk harga.

Pada bulan Desember saja, harga rumah naik 0,8 persen setelah mengalami stagnasi pada November, kata Nationwide. Sementara ukuran bulan-ke-bulan dapat volatile, ini ditandai kenaikan terbesar dalam satu tahun.

Nationwide mengatakan, tahun 2016 merupakan tahun pertama sejak 2008 yang pertumbuhan harga rumah di London lebih lambat dari rata-rata di Inggris.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here