Rupiah Kamis 29/12 Ditutup Lemah Dekati Kisaran 13500

482

Mengakhiri perdagangan pasar valas tanah air hari Kamis (29/12),  rupiah yang dibuka lebih rendah  di awal perdagangan terus bergerak negatif hingga penutupan pasar. Lemahnya rupiah sepanjang hari mendapat sentimen negatif dari pelemahan kurs referensi yang dilakukan BI.

Lemahnya pergerakan rupiah hingga akhir perdagangan bursa   mengurangi  arus masuk modal asing banjiri bursa sehingga tercetak net sell sebesar Rp223 miliar lebih.  Tekanan jual  investor asing tersebut tidak menghalangi laju IHSG yang rally 1,8%.

Lihat: IHSG Kamis 29/12 Berakhir Kuat Mantap Oleh Aksi Window Dressing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,08% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13471/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13433/US$. Untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia lebih lemah di 13473  dari perdagangan sebelumnya  di 13447, demikian kurs transaksi antar bank juga diperlemah ke 13540 dari  perdagangan sebelumnya 13514.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah esok hari diperkirakan akan menguat oleh suramnya laju dollar AS  terhadap  banyak rival utamanya hingga perdagangan sesi Amerika berakhir.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here