Harga Minyak Mentah Sesi Asia Rebound Mencermati Penurunan Persediaan Bensin

631

Harga minyak mentah AS naik di perdagangan Asia pada hari Jumat (30/12) mengabaikan peningkatan persediaan minyak mentah, dengan laporan AS Administrasi Informasi Energi (EIA) pada Kamis menunjukkan kenaikan tak terduga persediaan minyak mentah.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas intermediate (WTI) naik 15 sen atau 0,28 persen menjadi $ 53,92 setelah menetap 29 sen lebih rendah pada $ 53,77 per barel di sesi sebelumnya.

Minyak mentah berjangka Brent belum diperdagangkan setelah menetap 8 sen lebih rendah pada $ 56,14 di sesi sebelumnya.

Persediaan minyak mentah naik 614.000 barel dalam pekan sampai 23 Desember, data EIA menunjukkan, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penurunan 2,1 juta barel.

Meskipun kenaikan tak terduga stok minyak mentah, data EIA yang diterbitkan pada hari Kamis menunjukkan kenaikan secara signifikan lebih kecil dalam stok minyak mentah dibandingkan dengan data Rabu American Petroleum Institute (API) yang menunjukkan membangun 4,2 juta barel dalam stok minyak mentah AS pada periode yang sama.

Namun persediaan bensin turun 1,6 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 1,3 juta barel.

Harga minyak secara bertahap akan naik menuju $ 60 per barel pada akhir 2017, sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan pada hari Kamis, dengan dibatasi oleh dolar yang kuat, membaiknya kondisi produksi minyak AS dan kemungkinan ketidakpatuhan oleh OPEC dalam pemotongan produksi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah akan bergerak naik dengan menurunnya persediaan bensin dan optimisme pemotongan produksi yang akan dimulai Januari 2017. Jika pelemahan dollar AS berlanjut juga mendukung harga. Harga minyak mentah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,40 dan $ 54,90, namun jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 53,40 dan $ 52,90.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here