Inflasi Desember Korea Selatan Naik 4 Bulan Berturut

446

Harga konsumen Korea Selatan naik lebih dari 1 persen untuk bulan keempat berturut-turut pada bulan Desember pada harga tinggi bahan makanan segar, data pemerintah menunjukkan Jumat (30/12).

Indeks harga konsumen Korea Selatan naik 1,3 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya, turun 0,2 persen dari 1,5 persen kenaikan tahun bulan sebelumnya, menurut data yang dikumpulkan oleh Statistik Korea.

south-korea-inflation-cpi

Inflasi telah tinggal lebih dari tingkat 1 persen sejak September, ketika mengalahkan pertumbuhan kurang dari 1 persen antara bulan Mei dan Agustus

Dari bulan sebelumnya, indeks naik tipis 0,1 persen pada Desember.

Inflasi inti, yang tidak termasuk harga minyak dan pangan volatile, meningkat 1,2 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Kantor statistik mengatakan kenaikan bulanan sebagian besar dipimpin oleh tingginya harga makanan, yang tetap mahal untuk bulanan karena serangan panas dan topan di musim panas.

Harga produk pertanian dan perikanan melonjak 6,7 persen bulan ini, dengan bahan makanan segar termasuk sayuran dan buah melonjak 12 persen dari tahun sebelumnya, sebagian dipengaruhi oleh kekurangan pasokan telur yang berasal dari wabah parah flu burung.

Indeks harga untuk tagihan layanan seperti biaya sewa dan perawatan kesehatan juga naik 2 persen pada tahun pada bulan Desember.

Namun, harga bensin dan listrik turun 11,5 persen dari tahun lalu pada rencana pemerintah untuk menurunkan tagihan listrik rumah tangga dengan rata-rata 11 persen.

Untuk semua tahun 2016, harga konsumen naik 1 persen dari tahun sebelumnya, sedikit naik dari kenaikan 0,7 persen pada tahun 2015, tetapi jauh lebih rendah dari target bank sentral dari 2 persen.

Harga produk pertanian naik 3,8 persen sepanjang tahun, mengimbangi penurunan 9,2 persen dalam harga gas dan listrik.

Pemerintah Korea Selatan sebelumnya mengharapkan inflasi di negara itu akan naik 1,6 persen tahun depan di belakang kenaikan harga minyak.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here