Bursa Eropa Awal Tahun Berakhir Naik Terdukung Mantapnya Manufaktur Zona Eropa

627

Pasar Saham Eropa memulai tahun baru 2017 menguat pada Senin (02/01) terdukung mantapnya kinerja pertumbuhan manufaktur Zona Eropa.

Indeks FTSE berakhir pada 7.142,83, naik 22,57 poin atau 0,32%

Indeks DAX berakhir pada 11.598,33, naik 117,27 poin atau 1,02%

Indeks CAC berakhir pada 4.882,38, naik 20,07 poin atau 0,41%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 9.418,70, naik 66.60 poin atau 0.71%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 ditutup 0,5 persen lebih tinggi Senin, setelah data baru rilis menunjukkan pandangan positif untuk bisnis pada tahun 2017.

Indeks DAX Jerman naik sebesar 0,84 persen, mencapai tertinggi baru, sedangkan CAC Perancis adalah 0,29 persen lebih tinggi. FTSE 100 kembali ke perdagangan setelah akhir pekan Tahun Baru pada hari Selasa.

Pembacaan akhir dari indeks 2016 pembelian manufaktur manajer berdiri di 54,9 pada bulan Desember. Ini mewakili laju pertumbuhan tercepat dalam lebih dari lima tahun. Melihat data Jerman pada khususnya, sektor manufaktur tumbuh tertinggi dalam hampir tiga tahun.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Desember Zona Eropa Terkuat Sejak April 2011

Semua sektor yang diperdagangkan positif.

Dalam berita perusahaan, ketua Deutsche Bank, Paul Achleitner kepada Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung menyatakan bahwa tidak ada merger Eropa atau bailout negara direncanakan untuk pemberi pinjaman Jerman. Hal ini muncul setelah Deutsche Bank mengumumkan pekan lalu penyelesaian hipotek $ 7200000000 dengan otoritas AS. saham bank mulai Senin turun 0,41 persen namun ditutup di wilayah positif naik lebih dari 1,7 persen.

Saham bank Italia yang baru diluncurkan Banco BPM ditutup naik hampir 9 persen pada debut pasar.

Laporan media menyatakan bahwa perusahaan Apple AS berencana untuk mengurangi produksi dari model iPhone 7 karena permintaan lamban.

Pembuat mobil Volkswagen Jerman masih berharap untuk mencapai kesepakatan dengan AS atas skandal emisi sebelum Presiden Obama meninggalkan jabatannya pada akhir bulan ini. Sahamnya ditutup naik 2,5 persen.

Tahun baru secara signifikan bisa mengubah lanskap Eropa, dengan U.K. mempersiapkan untuk meninggalkan Uni Eropa dan pemilihan kunci berlangsung di seluruh benua. Kepala Ifo Institute Jerman mengatakan kepada Reuters bahwa para pemilih Italia akhirnya akan menuntut untuk keluar dari kawasan euro.

Perdana Menteri U.K. Theresa May meminta persatuan pada Tahun Baru pada hari Minggu sebagai negara semakin dekat dengan negosiasi persyaratan untuk keluar dari Uni Eropa.

Malam nanti akan dirilis data Inflasi Jerman Desember yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika data inflasi Jerman terealisir meningkat. Namun juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here