Bursa Hong Kong 3 Januari Berakhir Naik Terdorong Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok

380
indeks hang seng

Di akhir perdagangan akhir tahun bursa Hong Kong awal tahun Selasa (03/01), indeks Hang Seng ditutup naik 149,84 poin, atau 0,68 persen pada 22150.40. Saham-saham Hong Kong menguat pada perdagangan hari pertama tahun ini terdukung optimisme yang berasal dari mantapnya pertumbuhan manufaktur Tiongkok yang menghapus dampak negatif dari dolar AS yang kuat.

Sebuah pengukuran swasta untuk pertumbuhan manufaktur Tiongkok mempertahankan kecepatan ekspansi stabil pada bulan Desember, memperkuat pertumbuhan kuartal keempat yang solid untuk ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Indeks Caixin manajer pembelian manufaktur (PMI) Tiongkok datang di 51,9 pada bulan Desember, dibandingkan dengan 50,9 bulan sebelumnya dan jauh di atas perkiraan sedikit penurunan pada 50,7. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sedangkan angka di bawah 50 sebagai sinyal kontraksi.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok Ukuran Caixin Akhir Tahun 2016 Meningkat

Tapi keuntungan di bursa Hong Kong dibatasi oleh kecemasan atas mata uang AS yang naik, yang membuat pasar negara berkembang kurang menarik.

Indeks dolar AS, yang mengukur nilai greenback terhadap enam mata uang utama, kembali naik pada Selasa setelah kemenangan beruntun tiga minggu terhambat pekan lalu.

Sebagian besar sektor di Hong Kong naik, dengan saham properti memimpin keuntungan, naik 2 persen pada penutupan.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng terpantau naik 177,00 poin atau 0,81 persen pada 22,139.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 21,962.00.

Malam nanti akan dirilis data ISM Manufacturing Desember yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan Bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan mencermati pergerakan bursa Wall Street malam nanti, yang jika naik akan mengangkat bursa Hong Kong. Secara teknikal Indeks Hang Seng akan bergerak dalam kisaran Support 21,659-21,183, dan kisaran Resistance 22,649-23,137.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here