Jumlah Pengangguran Desember Jerman Turun Terendah 11 Bulan

520

Pengangguran Jerman jatuh lebih dari yang diperkirakan pada bulan Desember, menjaga tingkat pengangguran di ekonomi terbesar Eropa pada rekor rendah, data dari Kantor Perburuhan Federal menunjukkan Selasa (03/01).

Jumlah pengangguran disesuaikan musiman turun 17.000 ke 2.638.000, kata Kantor Perburuhan. Itu sudah lebih dari tiga kali lipat perkiraan 5.000 dalam jajak pendapat Reuters.

germany-unemployment-change

Tingkat pengangguran yang disesuaikan tetap di 6,0 persen, tingkat terendah sejak reunifikasi Jerman pada tahun 1990.

germany-unemployment-rate

Pada tahun 2016 secara keseluruhan, rekor 43.400.000 orang dipekerjakan di Jerman sebagai pasar tenaga kerja tumbuh subur di lingkungan dari kemajuan ekonomi lanjutan, tingkat suku bunga rendah dan meningkatnya belanja negara.

Ini adalah tingkat tercepat penurunan sejak Januari 2016 dan belum ada peningkatan bulanan total pengangguran sejak Oktober 2015.

“Perkembangan positif terkait dengan pengangguran berlanjut di akhir tahun,” kata Frank-Juergen Weise, Kepala Dinas Tenaga Kerja Federal.

“Peningkatan yang kuat dalam pekerjaan yang telah berlangsung untuk waktu yang lama melambat sejak musim panas, tetapi permintaan untuk pekerja baru tetap pada tingkat tinggi,” tambahnya.

Penurunan pengangguran masih semua lebih mengesankan mengingat bahwa pasar tenaga kerja perlu menyerap sejumlah besar migran dengan 425.000 pengungsi terdaftar sebagai pencari kerja pada bulan Desember.

Secara keseluruhan kepercayaan di pasar tenaga kerja akan tetap kuat dalam jangka pendek. Kepercayaan di pasar pekerjaan dan keuntungan dalam pekerjaan akan mendukung belanja konsumen. Juga akan ada harapan dengan jatuhnya pengangguran akan menempatkan tekanan ke atas pada pertumbuhan upah, yang akan cenderung meningkatkan tekanan inflasi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here