Kekuatan Dollar AS Sesi Eropa Masih Dibatasi Aussie dan Poundsterling

569

Setelah sempat tertekan pada perdagangan sesi Asia, masuki perdagangan forex sesi Eropa hari Selasa (3/1) dollar AS bangkit dan bergerak rally menerima sentimen positif dari rilis data manufaktur PMI yang akan dilaporkan pemerintah AS dan juga Markit pada sesi malam. Namun aussie dollar dan poundsterling masih bertahan dalam kekuatannya oleh sentimen pendukungnya.

Pada sesi Eropa beberapa fundamental kuat penggerak kurs kawasan Eropa positif namun hanya euro yang terlihat mendapat tekanan jual yang besar setelah sempat di sesi Asia melaju. Sentimen positif yang mengangkat dollar tersebut menekan yen Jepang, swissfranc dan dollar Canada.

Poundsterling menerima kekuatan melawan dollar dari rilis data manufaktur PMI oleh survey Markit yang menunjukkan peningkatan data dari periode sebelumnya. Namun kekuatan GBPUSD ini mulai terpangkas oleh kekuatan rally dollar AS. Demikian juga dengan kekuatan aussie pasca laporan manufaktur Tiongkok dan rally harga minyak mentah mulai terpangkas.

Lihat: Aussie Sesi Eropa 3 Januari Dikuatkan Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok

Beberapa jam lagi Markit akan umumkan kinerja perusahaan manufaktur AS periode bulan Desember yang diperkirakan menunjukkan data yang sama dengan sebelumnya. Namun pemerintah AS atau ISM akan umumkan tingkat data yang meningkat dari periode bulan November.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama pada awal perdagangan sesi Eropa (3/1) rally kuat dari sesi sebelumnya dan berada di  posisi 103.42 setelah dibuka pada posisi 102.93.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here