Pertumbuhan Ekonomi Singapura Q4 Melonjak 9 Persen, Secara Tahunan Naik 1,8 Persen

396

Produk domestik bruto Singapura melonjak 9,1 persen secara kuartalan pada kuartal keempat tahun 2016, Departemen Perdagangan dan Industri mengatakan pada hari Selasa (03/01).

Hasil ini rebound tajam dari revisi kontraksi 1,9 persen pada kuartal ketiga (awalnya -2,0 persen).

singapore-gdp-growth

Secara tahunan, PDB naik 1,8 persen setelah naik 1,2 persen dalam tiga bulan sebelumnya.

singapore-gdp-growth-annual

Sektor manufaktur diperluas 6,5 persen secara tahunan pada kuartal keempat, peningkatan dari pertumbuhan 1,7 persen pada kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan ini terutama didorong oleh clsuter elektronik dan manufaktur biomedis, bahkan saat clsuter rekayasa transportasi dan manufaktur umum terus berkontraksi, kementerian mencatat.

Pada triwulan, basis tahunan musiman disesuaikan, sektor ini melonjak 14,6 persen, perubahan yang tajam dari kontraksi 8,1 persen pada kuartal ketiga.

Sektor konstruksi yang kontraksi 2,8 persen pada tahun Q4, memperpanjang penurunan 0,2 persen pada kuartal sebelumnya. Kontraksi itu sebagian besar disebabkan oleh penurunan aktivitas konstruksi sektor swasta, kata kementerian itu.

Pada triwulan, basis tahunan musiman disesuaikan, sektor ini menyusut 4,7 persen, moderat dari kontraksi 14,8 persen pada kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan produksi jasa industri datang di 0,6 persen pada tahun Q4, sedikit lebih cepat dari pertumbuhan 0,3 persen pada tiga bulan sebelumnya.

Pertumbuhan ini didukung oleh industri jasa lainnya, sektor transportasi & sektor penyimpanan dan layanan bisnis, kata kementerian itu.

Secara triwulanan, produksi layanan industri diperluas pada tingkat tahunan 9,4 persen, pembalikan dari kontraksi 0,4 persen pada kuartal ketiga.

Untuk semua tahun 2016, PDB naik 1,8 persen, mengalahkan perkiraan sebelumnya pertumbuhan PDB MTI 1,0 sampai 1,5 persen. PDB naik 2,0 persen pada tahun 2015.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here