Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok Ukuran Caixin Akhir Tahun 2016 Meningkat

587

Sebuah pengukuran swasta untuk pertumbuhan manufaktur Tiongkok mempertahankan kecepatan ekspansi stabil pada bulan Desember, memperkuat pertumbuhan kuartal keempat yang solid untuk ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Indeks Caixin manajer pembelian manufaktur (PMI) Tiongkok datang di 51,9 pada bulan Desember, dibandingkan dengan 50,9 bulan sebelumnya dan jauh di atas perkiraan sedikit penurunan pada 50,7. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sedangkan angka di bawah 50 sebagai sinyal kontraksi.

china-manufacturing-pmi

“Ekonomi manufaktur Tiongkok terus meningkat di Desember, dengan mayoritas sub-indeks tampak optimis. Namun, masih harus dilihat jika stabilisasi ekonomi dikonsolidasikan karena ketidakpastian dalam restocking dan harga konsumen apakah bisa naik berkelanjutan, “Zhengsheng Zhong, direktur analisis makroekonomi CEBM Group, mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti yang dirilis economiccalendar.

Markit / Caixin akan mengeluarkan laporannya PMI jasa Kamis.

Indeks pengukur resmi PMI Beijing yang dirilis pada hari Minggu, dan menunjukkan tingkat yang lebih lambat dari ekspansi di kedua manufaktur dan jasa. PMI manufaktur resmi melambat ke 51,4 pada Desember dari 51,7. Indeks non-manufaktur PMI melemah ke 54,5 dari 54,7.

Pemerintah Tiongkok telah mengambil langkah-langkah untuk mengekang lonjakan pasar properti. Upaya mereka mungkin telah datang dengan mengorbankan pertumbuhan ekonomi, sebagaimana dibuktikan oleh perlambatan dalam produksi dan penjualan ritel industri pada awal kuartal keempat. Pasar properti Tiongkok berkontribusi untuk sekitar 15% dari produk domestik bruto (PDB). Analis telah menggambarkannya sebagai gelembung terbesar dalam sejarah.

Meskipun volatilitas pasar keuangan, Tiongkok diperkirakan akan dengan mudah memenuhi target pertumbuhan 6,5% ke 7% di 2016. Namun, pertumbuhan diperkirakan lebih lambat dari ekspansi 6,9% tahun 2015, yang merupakan paling lambat dalam 25 tahun. PDB tumbuh pada tingkat tahunan 6,7% di masing-masing tiga kuartal pertama 2016.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here