Bursa Shanghai 4 Januari Ditutup Naik Terdukung Peningkatan Likuiditas Pasar Keuangan

402

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (04/01), indeks Shanghai berakhir naik 23,90 poin atau 0,76 persen pada 3159.82. Kenaikan bursa Shanghai terjadi seluruh papan pada hari Rabu, memperpanjang keuntungan Selasa, sebagai meningkatnya likuiditas di pasar uang dan suku bunga moderat mengangkat sentimen pasar.

Para pengamat mengatakan kepercayaan investor telah membaik secara umum, menunjuk ke kenaikan volume perdagangan setelah pasar melemah kembali pada bulan Desember.

Kepercayaan konsumen Tiongkok meningkat pada bulan Desember, didukung oleh bangkitnya kembali optimisme konsumen tentang keuangan pribadi yang mereka harapkan, demikian hasil survei Deutsche Boerse Group’s MNI Indicators pada Rabu (04/01).

Indikator sentimen konsumen Westpac MNI naik ke 116,6 di Desember dari 114,9 pada bulan November. Pada bulan Oktober, pembacaan adalah 117,1.

Lihat : Optimisme Konsumen Tiongkok Akhir Tahun Meningkat

Kenaikan sebagian terjadi karena sebuah pengurangan tekanan likuiditas pasar pada bulan Desember.

Bank, dipelengkapi dengan kuota pinjaman segar, sekarang lebih bersedia untuk memberikan pinjaman dari awal tahun.

Repo rate 14-hari adalah 2,4685 persen, turun dari tinggi 21-bulan 4,46 persen pada 29 Desember

Semua sektor utama meningkat, dipimpin oleh sektor konsumen dan bahan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan menguat dengan data ekonomi positif. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3050-2955 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3260-3359.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here