Optimisme Konsumen Tiongkok Akhir Tahun Meningkat

560

Kepercayaan konsumen Tiongkok meningkat pada bulan Desember, didukung oleh bangkitnya kembali optimisme konsumen tentang keuangan pribadi yang mereka harapkan, demikian hasil survei Deutsche Boerse Group’s MNI Indicators pada Rabu (04/01).

Indikator sentimen konsumen Westpac MNI naik ke 116,6 di Desember dari 114,9 pada bulan November. Pada bulan Oktober, pembacaan adalah 117,1.

china-mni-consumer-sentiment

Empat dari lima komponen berkontribusi positif terhadap indeks utama pada bulan Desember.

Kenaikan terbesar adalah sekitar keuangan pribadi dengan kenaikan 4,1 persen pada harapan komponen pelacakan responden untuk situasi keuangan mereka di masa depan.

Ekspektasi rumah tangga mengenai kondisi bisnis selama dua belas bulan ke depan diperkuat pada bulan Desember. Indeks yang sesuai datang pada tingkat tertinggi sejak September 2016.

Indeks komponen untuk pekerjaan juga naik menjadi 96,7 pada Desember dari 95,6 di bulan sebelumnya. Pada saat yang sama, indeks pengukuran kondisi pembelian tahan lama turun menjadi 109,7 dari 112,6.

“Melihat ke tahun depan, aktivitas sektor publik diperkirakan mendukung pertumbuhan menjelang bulan November Kongres Nasional ke 19. Dengan investasi sektor swasta masih tenang dan tanda tanya di sekitar lingkungan ekspor, konsumen Tiongkok kemungkinan akan kembali menjadi ayunan kunci faktor ekonomi yang lebih luas, “demikian pernyataan Matthew Hassan, ekonom senior di Westpac.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here