Pertumbuhan Manufaktur Akhir Tahun AS Naik Tertinggi 23 Bulan

413

Indeks ISM manufaktur AS menguat ke 54,7 untuk Desember dari 53,2 pada bulan November. Hasil ini lebih tinggi dari perkiraan konsensus perbaikan untuk 53,6 dan pembacaan terkuat sejak Desember 2014.

Dari 18 industri manufaktur, 11 dilaporkan ekspansi untuk bulan Desember. Pada basis tahunan, pembacaan PMI ini akan menyarankan pertumbuhan PDB lebih dari 3,5%.

 

united-states-business-confidence

Pesanan baru meningkat menjadi 60,2 dari 53,0 sebelumnya, sementara produksi meningkat menjadi 60,3 dari 56,0 pada bulan November.

Ada perlambatan dalam pengiriman pemasok, sedangkan persediaan terus kontraksi pada bulanan. Dengan persediaan pelanggan juga dilaporkan sebagai terlalu rendah dengan pembacaan berubah dari 49,0, yang akan menjaga ekspektasi permintaan jangka pendek perusahaan. Namun ada perlambatan dalam rangka backlog, yang akan menyebabkan beberapa kekhawatiran.

Ada juga peningkatan dalam komponen kerja ke 53,1 dari 52,3 sebelumnya, yang akan mempertahankan harapan bahwa laporan kerja hari Jumat akan menunjukkan keuntungan bersih dalam pekerjaan manufaktur.

Komponan harga yang dibayar menguat tajam ke 65,5 dari 54,5 sebelumnya, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tekanan inflasi.

Ada peningkatan indeks pesanan ekspor ke 56,0 dari 52,0, yang akan meredakan kekhawatiran langsung bahwa dolar yang kuat adalah memiliki dampak negatif pada ekspor.

Data keseluruhan akan menjaga kepercayaan dalam prospek manufaktur dan peningkatan inflasi yang akan meningkatkan spekulasi bahwa Federal Reserve akan mendorong ke arah peningkatan lain suku bunga pada kuartal pertama 2017.

Kecenderungan global yang kuat dalam data manufaktur PMI akan meningkatkan harapan bahwa akan ada pertumbuhan global yang lebih kuat, yang akan cenderung melemahkan obligasi dan memberikan dukungan untuk harga komoditas.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here