Pertumbuhan Manufaktur Akhir Tahun Jepang Meningkat Tertinggi 1 Tahun

662

Aktifitas manufaktur Jepang tumbuh pada laju tercepat dalam satu tahun pada bulan Desember karena pesanan meningkat, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Rabu (04/01), dalam sebuah tanda bahwa ekonomi sedang berjuang untuk mendapatkan kembali momentum.

Indeks Markit / Nikkei Manufacturing Purchasing Managers (PMI) Jepang final naik menjadi 52,4 pada bulan Desember secara musiman disesuaikan, lebih tinggi dari pembacaan awal 51,9 dan 51,3 akhir bulan November.

japan-manufacturing-pmi

Indeks tetap di atas ambang 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi untuk bulan keempat berturut-turut dan aktivitas menunjukkan diperluas di laju tercepat sejak Desember 2015.

Komponen hasil akhir dari indeks PMI juga naik ke tertinggi satu tahun dari 53,8 pada Desember dari 52,4 pada bulan November. Pembacaan awal untuk bulan Desember adalah 53,1.

Indeks akhir untuk pesanan baru, yang mengukur baik permintaan domestik dan eksternal, naik ke tertinggi satu tahun dari 53,2, versus awal 52,8 dan 51,1 di bulan sebelumnya.

Sebagian besar lonjakan permintaan tampaknya dalam bentuk pesanan domestik, meskipun responden survei juga melaporkan kenaikan penjualan ke Eropa, Tiongkok dan Amerika Utara.

Ekspor, produksi pabrik dan belanja konsumen Jepang baru-baru ini menunjukkan tanda-tanda pemulihan, menawarkan beberapa harapan bagi para pembuat kebijakan berjuang untuk menarik ekonomi keluar dari stagnasi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here