Pertumbuhan Manufaktur Desember Inggris Raya Naik Tertinggi 2,5 Tahun

350

Pertumbuhan manufaktur Inggris naik ke 2,5 tahun tinggi bulan lalu, didorong oleh perintah baru dari dalam dan luar negeri dan menambah tanda-tanda ekonomi baik mengakhiri 2016, sebuah survei menunjukkan pada hari Selasa (03/01).

The Markit / CIPS Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) Inggris Raya naik menjadi 56,1, pembacaan terkuat sejak Juni 2014, dari 53,6 pada bulan November. Yang melebihi semua perkiraan dalam jajak pendapat Reuters, yang menunjuk penurunan menjadi 53,1

Ekonomi Inggris telah bernasib jauh lebih baik daripada banyak ekonom prediksi pasca pemungutan suara Juni untuk meninggalkan Uni Eropa, dengan belanja konsumen kuat dan perusahaan terus melakukan dengan baik.

PMI manufaktur menunjukkan pesanan ekspor dalam negeri tumbuh, tapi begitu pula tekanan biaya yang dihadapi pabrik – sesuatu yang akan semakin mendoorong harga konsumen tahun depan. Kumpulan survei IHS Markit mengatakan survei itu konsisten dengan produksi manufaktur naik pada kecepatan triwulanan sekitar 1,5 persen.

“Dorongan untuk daya saing dari nilai tukar yang lemah telah pasti menjadi pendorong utama perputaran baru-baru ini, sementara pasar domestik tetap menjadi kontributor yang kuat untuk memenangkan bisnis baru,” demikian pernyataan Rob Dobson, ekonom senior di IHS Markit.

Dobson menambahkan bahwa biaya yang lebih tinggi adalah sisi lain dari jatuhnya pound sejak bulan Juni terjadi Brexit, yang telah meninggalkan turun sekitar 10 persen pada basis perdagangan-tertimbang. “Dari perusahaan mengutip penyebab biaya tinggi, 75 persen terkait kenaikan nilai tukar,” kata Dobson.

Sebuah survei terpisah dari petugas keuangan pekan lalu menunjukkan semangat bisnis telah pulih sepenuhnya setelah terjun dalam pemungutan suara Brexit. Namun, perusahaan enggan untuk menghabiskan lebih banyak karena ketidakpastian tentang prospek ekonomi.

IHS Markit mengatakan investasi dan barang setengah produsen dilakukan dengan baik pada bulan Desember, yang bisa memberikan harapan yang baik untuk investasi yang lebih luas. Produsen mempekerjakan staf pada tingkat tercepat sejak Oktober 2015.

Ekonomi Inggris terlihat di jalur untuk memperluas lebih dari 2 persen tahun ini, lebih cepat dari hampir semua negara maju besar lainnya kecuali mungkin Amerika Serikat.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan tingkat pertumbuhan Inggris untuk lebih dari separuh tahun depan menjadi 1,1 persen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here