Pertumbuhan Bisnis Sektor Swasta Hong Kong Bangkit Setelah 21 Bulan Kontraksi

640

Nikkei Hong Kong Purchasing Manager Index naik menjadi 50,3 pada Desember dari 49,5 pada bulan November, kembali ke modus ekspansi setelah 21 bulan berturut-turut penurunan, demikian penyedia indeks IHS Markit mengatakan Kamis (05/01).

Peningkatan PMI Desember tidak didorong oleh ekspansi dalam produksi dan pesanan baru. Sebaliknya, lonjakan tingkat stok pra-produksi, didukung oleh peningkatan yang ditandai dalam pembelian aktivitas, mendorong pembacaan indeks, IHS Markit mencatat.

hong-kong-manufacturing-pmi

Angka PMI di atas 50 menunjukkan ekspansi dalam kegiatan manufaktur, sementara angka di bawah menunjukkan kontraksi. PMI terbaru menunjukkan kondisi bisnis pada bulan Desember meningkat untuk pertama kalinya sejak Februari 2015.

Meskipun mengalami peningkatan terbaru, ekonom IHS Markit Bernard Aw mengatakan ada kekhawatiran bahwa pertumbuhan variabel kunci lainnya seperti produksi dan pesanan baru tetap sulit dipahami, menambahkan bahwa perusahaan sektor swasta Hong Kong melanjutkan pemotongan pekerjaan pada akhir 2016.

“Permintaan Tiongkok untuk produk dan layanan Hong Kong terus berkurang. Secara keseluruhan minat klien tetap lesu, yang tercermin dari volume yang lebih rendah dari produksi dan bisnis baru,” katanya.

PMI bersumber dari indeks yang mengukur perubahan dalam produksi, pesanan baru, pekerjaan, waktu pengiriman pemasok dan persediaan barang yang dibeli. PMI didasarkan pada survei dari sekitar 300 perusahaan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here