Bursa Hong Kong 6 Januari Ditutup Naik; Raih Kenaikan Mingguan Tertinggi 3 Bulan

456
indeks hang seng

Di akhir perdagangan bursa Hong Kong akhir pekan Jumat (06/01), indeks Hang Seng ditutup naik 46,32 poin, atau 0,21 persen pada 22503.01. Saham-saham Hong Kong memperpanjang keuntungan untuk mengakhiri lebih kuat, mencetak minggu terbaik dalam tiga bulan, karena kekhawatiran arus modal keluar mereda setelah dolar AS retreat dari reli pasca-pemilihan umum AS.

Hasil positif di akhir pekan ini turut berkontribusi terhadap kenaikan mingguan sekitar 2,3 persen, tertinggi sejak 7 Oktober. Kontribusi kenaikan lainnya diperoleh dari meningkatnya pertumbuhan manufaktur Tiongkok, juga peningkatan bisnis sektor swasta Hong Kong yang rebound pertama kali dari 21 kontraksi. Lonjakan Yuan juga mengangkat bursa Hong Kong.

Sebuah jeda di kenaikan dolar AS menawarkan beberapa hiburan untuk saham Asia, yang berada di bawah tekanan pada bulan Desember di tengah kekhawatiran tentang modal mengalir keluar dari pasar negara berkembang di tengah harapan pertumbuhan AS lebih cepat.

Indeks dolar, yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama dunia, mencapai titik terendah dari 101,37 pada awal perdagangan, sekitar 2,4 persen turun dari intraday tinggi pada hari Selasa.

Mencerminkan redanya kecemasan investor di Hong Kong, Volatilitas HIS Index, yang mengukur tekanan pasar, kehilangan 18,5 persen dari tertinggi pada 28 Desember

Pada akhir perdagangan kinerja sektor dicampur di bursa Hong Kong.

Sektor energi memberikan kembali beberapa keuntungan awal dan menambahkan hampir 0,5 persen pada penutupan, dengan kelemahan dalam penambang daratan mengimbangi efek bullish dari harga minyak baru-baru ini yang lebih kuat.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng terpantau naik 75,00 poin atau 0,33 persen pada 22,559.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 22,484.00.

Malam nanti akan dirilis data pekerjaan AS, dimana data Non Farm Payrolls Desember diindikasikan stabil dan Unemployment Rate diindikasikan naik. Jika hasil ini terealisir berpotensi melemahkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan mencermati pergerakan bursa Wall Street malam nanti, yang jika lemah akan menekan bursa Hong Kong. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah. Secara teknikal Indeks Hang Seng akan bergerak dalam kisaran Support 22,101-21,652, dan kisaran Resistance 23,032-23,500.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here