EURUSD Sesi Eropa Dilemahkan Data Ritel Jerman dan Euro

681

Pergerakan kurs euro yang bergerak konsolidasi terhadap dollar AS sejak perdagangan sesi Asia hingga sesi Eropa malam ini (6/1), berbelok ke arah zona merah. Lebih kuatnya pergerakan negatif euro dipicu oleh laporan ekonomi Jerman di awal sesi Eropa yang kurang menggembirakan.

Destatis Jerman umumkan laporan kinerja penjualan ritel negeri tersebut bulan November yang kontraksi melebihi ekspektasi buruk dari periode bulan sebelumnya positif. Setelah itu Eurostat umumkan kontraksi data retail sales secara kawasan dari periode bulan sebelumnya yang positif.

Lihat: Data NFP Mulai Memangkas Kekuatan Dollar AS Sesi Eropa

Pergerakan kurs euro sesi Eropa (16:13:00 WIB) bergerak negatif terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah  dari perdagangan sebelumnya pada 1.0605  di  awal   perdagangan sesi Asia,  kini kurs  Euro masih berada di posisi 1.0590 setelah sempat mencapai posisi tertinggi 1.0613.

Namun jika malam nanti pada sesi AS rilis data NFP dan pengangguran AS bulan November menunjukkan data yang mengecewakan dollar AS, maka gerak konsolidasi EURUSD menanjak tinggi.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center melihat pair EURUSD secara teknikal akan  naik ke kisaran resisten  1.0625 – 1.0660. Dan jika terjadi koreksi kembali ke kisaran 1.0567-1.0529.

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here