Optimisme Konsumen Indonesia Akhir Tahun Berlanjut

723

Bank Indonesia menyatakan bahwa optimisme konsumen Indonesia masih tetap berlanjut di akhir tahun 2016.

Hasil tersebut dilaporkan melalui Survei Konsumen Bank Indonesia yang ditunjukkan oleh Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2016 yang masih berada dalam level optimis, yaitu sebesar 115,4, sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 115,9.

Secara triwulanan, rata-rata IKK triwulan IV-2016 mencapai 116,0, lebih tinggi dibandingkan 112,5 pada triwulan sebelumnya dan 103,5 pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan rilis yang disampaikan dalam website Bank Indonesia, dilaporkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga melambat pada Maret 2017, sebagaimana tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang turun 2,1 poin dari bulan sebelumnya sehingga menjadi 162,8. Melambatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi terutama pada kelompok sandang dan kelompok bahan makanan.

Dijelaskan juga bahwa untuk kondisi 6 bulan mendatang (Juni 2017), konsumen memperkirakan jumlah tabungan menurun. Posisi pinjaman 6 bulan mendatang juga diperkirakan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here