Trump Ancam Kenakan Pajak Besar Jika Toyota Bangun Pabrik di Meksiko

717

Presiden AS terpilih Donald Trump mengancam Toyota Motor Corp pada hari Kamis (05/01), untuk memberlakukan biaya besar dan tinggi pada produsen mobil terbesar di dunia jika membangun mobil Corolla untuk pasar AS di sebuah pabrik di Meksiko.

“Toyota Motor mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, untuk membangun mobil Corolla untuk AS NO WAY! Membangun pabrik di AS atau membayar pajak perbatasan besar,” kata Trump dalam sebuah posting di Twitter.

Itu komentar terbaru Trump terhadap pembangunan pembuatan mobil di Meksiko dan pertama melawan mobil asing. Serangan presiden terpilih pada investasi oleh perusahaan di Meksiko telah melemparkan bayangan atas jaringan produksi lintas-perbatasan pusat untuk lebih dari $ 583 miliar secara tahunan di perdagangan antara kedua negara.

Nilai peso Meksiko telah tergelincir di tengah kekhawatiran bahwa kebijakan Trump akan membahayakan negara ekonomi kedua terbesar di Amerika Latin – dan menolak Kamis setelah Tweet Trump.

Toyota, yang mengumumkan rencana untuk membangun fasilitas baru Meksiko di Guanajuato pada bulan April 2015, menyatakan tidak akan mengambil dari pekerja AS.

“Toyota berharap untuk bekerja sama dengan pemerintahan Trump untuk melayani kepentingan terbaik dari konsumen dan industri otomotif,” kata juru bicara Toyota Scott Vazin.

Baja memproduksi sekitar 100.000 truk pickup dan tempat duduk truk per tahun. Pabrik The Guanajuato akan membangun Corolla dan memiliki kapasitas tahunan 200.000.

Pembuat mobil Jepang American Depositary Receipts jatuh setelah Tweet Trump dan ditutup turun 0,6 persen pada $ 120,44 di Bursa Efek New York.

Presiden Toyota Akio Toyoda mengatakan di Jepang pada hari Kamis bahwa mobil tidak memiliki rencana untuk menahan produksi di Meksiko, lebih memilih untuk menunggu sampai setelah pelantikan Trump 20 Januari sebelum memutuskan apakah akan membuat perubahan.

“Kami akan mempertimbangkan pilihan kami karena kami akan melihat kebijakan apa yang diadopsi oleh presiden terpilih,” Toyoda mengatakan pada pertemuan industri di Tokyo pada Kamis sebelum Tweet Trump, ketika ditanya apakah perusahaannya sedang mempertimbangkan perubahan untuk pabrik produksi mobil yang sedang membangun di Meksiko .

Pembuat Mobil di Amerika Serikat telah dikecam oleh Trump karena membangun pabrik-pabrik mobil di perbatasan selatan yang lebih rendah-biaya, yang katanya merugikan pekerjaan Amerika. Tekanan untuk mengekang produksi yang intensif pekan ini setelah Ford Motor Co membatalkan rencana untuk membangun pabrik perakitan $ 1,6 miliar pada Meksiko setelah Trump mengecam keras investasi.

Namun, Ford masih berencana untuk mengalihkan produksi mobil kecil ke Meksiko dari Michigan, sekalipun menggunakan $ 700 juta dari investasi Meksiko yang direncanakan untuk memperluas operasinya di Flat Rock, Michigan, dan menambahkan 700 pekerjaan.

Selama kampanye, Trump mengkritik hambatan untuk ekspor mobil AS ke Jepang dan mengatakan pemerintah AS tidak melakukan cukup untuk membuka pasar lebih untuk kendaraan buatan Amerika.

“Sampai Anda membuka pasar Anda, Anda tidak menjual mobil-mobil yang lebih di sini,” kata Trump terkait Jepang di Agustus 2015 wawancara dengan Detroit News. “Itu akan memaksa orang untuk membangun di Amerika Serikat.”

Toyota memiliki investasi yang luas di AS, mengoperasikan 10 pabrik AS di delapan negara bagian dan membangun lebih dari 1,3 juta kendaraan di Amerika Serikat secara tahunan. Antara 1994 hingga 2013, pekerjaan pabrik mobil AS turun sepertiga sementara pekerjaan di Meksiko naik hampir lima kali lipat selama periode yang sama karena upah produksi yang lebih rendah.

Mexico sekarang menyumbang 20 persen dari semua produksi kendaraan di Amerika Utara dan telah menarik lebih dari $ 24 miliar investasi mobil sejak 2010, menurut Ann Arbor, Center for Automotive Research yang berbasis di Michigan.

Berdasarkan rencana investasi saat ini, kapasitas produksi mobil Meksiko akan tumbuh lagi 50 persen selama lima tahun ke depan, menurut Center for Automotive Research, yang menarik dana dari industri otomotif.

Dikatakan impor kendaraan Toyota lebih sedikit dari Meksiko daripada pembangunan gedung pembuat mobil utama lain di sana tahun lalu. Pembuat mobil kolektif Detroit Big Three mengekspor lebih dari 1,1 juta kendaraan ke Amerika Serikat dari Meksiko pada tahun 2016, sedangkan Toyota mengirim sekitar 47.000 kendaraan buatan Meksiko ke Amerika Serikat.

Trump juga mengatakan General Motors Co bisa menjadi dikenakan tarif pada mobil buatan Mexico untuk pasar AS, dan bahwa ia ingin menegosiasikan kembali Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara yang ditandatangani dengan Kanada dan Meksiko, atau menghentikan sama sekali.

Trump mengkritik GM untuk mengimpor versi buatan Meksiko dari Chevrolet Cruze, setelah pembuat mobil merumahkan 1.200 pekerja di Ohio bulan ini yang merakit mobil.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here