Bursa Shanghai 9 Januari Ditutup Naik Terdorong Kinerja Mantap Saham Pertahanan

380
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok awal pekan Senin (09/01), indeks Shanghai berakhir naik 17,28 poin atau 0,55 persen pada 3171.60. Kenaikan Saham Tiongkok dipimpin oleh saham pertahanan sebagai perusahaan milik negara yang lebih sentral (BUMN) berencana untuk mendorong reformasi kepemilikan campuran.

Reformasi BUMN telah menjadi pendorong dalam beberapa pekan terakhir, dimana Tiongkok berjanji untuk mendorong reformasi kepemilikan campuran di sektor-sektor kunci termasuk penerbangan, pertahanan, minyak dan telekomunikasi.

China South Industries Group Corporation telah membuat proposal awal mengenai reformasi kepemilikan campuran di perusahaan pertahanan dan akan meluncurkan uji coba rencana kepemilikan saham di anak perusahaan terdaftar Chongqing Changan Automobile, demikian Shanghai Securities News melaporkan.

Indeks pelacakan Industri pertahanan kedirgantaraan naik 3,3 persen, mencetak persentase kenaikan harian terbesar dalam lima bulan.

Saham AVIC Aircraft ditutup naik 5,3 persen ke level tertinggi empat bulan.

Pasar juga didorong oleh berita bahwa Tiongkok diperkirakan memiliki pertumbuhan ekonomi 6,7 persen pada tahun 2016, dalam kisaran yang ditargetkan ditetapkan sebelumnya.

Tiongkok yakin telah mencapai pertumbuhan ekonomi 6,7 persen pada tahun 2016, dalam kisaran yang ditargetkan ditetapkan pada awal tahun, Wakil Menteri Keuangan Zhu Guangyao mengatakan pada hari Minggu. Perekonomian Tiongkok tumbuh stabil 6,7 persen pada tiga kuartal pertama tahun lalu, dan Zhu mengatakan ia yakin tingkat pertumbuhan akan mencapai tingkat yang sama atau lebih pada kuartal keempat 2016.

Pernyataan Zhu dibuat di sebuah forum yang diselenggarakan oleh Universitas Tsinghua di Beijing. Tiongkok yang telah menargetkan 6,5-7 persen pertumbuhan ekonomi untuk 2016, meningkatkan belanja pemerintah, melihat rally perumahan dan mencapai rekor tingkat tinggi pinjaman bank tahun lalu, bagaimanapun juga menyebabkan peningkatan besar dalam utang.

Lihat : Keyakinan Tiongkok Mencapai Pertumbuhan Ekonomi 6,7 Persen Tahun 2016

Pada akhir perdagangan, sebagian besar sektor menguat, dipimpin oleh saham industri dan utilitas.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan menguat dengan optimisme ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3089-3006 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3258-3347.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here