Ekspor November Melonjak, Surplus Perdagangan Jerman Melebar

501

Ekspor Jerman melonjak lebih dari yang diharapkan pada bulan November, membukukan kenaikan tajam bulanan dalam 4,5 tahun dan mendorong pertumbuhan ekonomi negara terbesar Eropa pada kuartal terakhir 2016.

Data yang dirilis oleh Kantor Statistik Federal pada hari Senin (09/01), menegaskan kembali harapan untuk rebound yang kuat pada kuartal keempat 2016 setelah ekonomi dibelah dua pada laju pertumbuhan kuartal ketiga karena melemahnya ekspor.

Data terpisah yang dirilis dari Kantor Statistik Federal ditunjukkan pada hari Senin bahwa ekspor yang disesuaikan secara musiman naik 3,9 persen pada bulan ini.

Ini merupakan kenaikan bulanan terkuat sejak Mei 2012 dan lebih baik dari konsensus perkiraan dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 0,5 persen.

Impor meningkat sebesar 3,5 persen yang merupakan kenaikan bulanan terkuat sejak Juni 2014 dan juga lebih kuat dari peningkatan diperkirakan hanya 0,2 persen.

Surplus perdagangan yang disesuaikan secara musiman melebar menjadi 21,7 miliar euro ($ 22,86 miliar) dari 20,6 miliar euro pada bulan Oktober. Pembacaan November adalah di atas perkiraan konsensus Reuters pada 21,2 miliar euro.

Sebuah rincian dari data ekspor ke negara-negara di luar Uni Eropa melonjak 7,6 persen sementara permintaan dari anggota zona Eropa naik 5,2 persen pada November.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here