Harga Kakao ICE Akhir Pekan Turun Tipis; Mingguan Melonjak 6 Persen

415

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (07/01) ditutup turun tipis. Pergerakan datar harga kakao terpicu tarik menarik sentimen penguatan dollar AS dengan terhambatnya distribusi kakao di Pantai Gading.

Dollar AS, terangkat oleh data non-farm payrolls AS yang menunjukkan perlambatan dalam mempekerjakan bulan lalu namun terjadi kenaikan upah. Laporan ini mendukung pandangan bahwa Federal Reserve AS akan terus maju dengan kenaikan suku bunga tahun ini, kata para analis.

Lihat : Pertumbuhan Kerja Desember AS Melambat, Namun Pertumbuhan Upah Naik Mantap

Menguatnya dolar AS membuat komoditas kakao yang berbasis dolar ini menjadi lebih mahal dalam mata uang lainnya, sehingga permintaan menurun.

Sementara itu sumber industri mengatakan pihak berwenang Pantai Gading memblokir ekspor kakao karena perbedaan harga yang ditetapkan oleh dewan kakao nasional dengan harga perdagangan di London futures.

Truk yang membawa ribuan ton kakao telah diblokir di pelabuhan utama Pantai Gading, produsen top dunia. diperkirakan Ada hampir 700 truk di pelabuhan di Abidjan.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Maret 2017 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup turun tipis. Harga komoditas tersebut ditutup turun sebesar -1 dollar atau -0,04 persen pada posisi 2.261 dollar per ton.

Untuk minggu ini harga kakao masih tinggi, melonjak 6,35 persen. Kenaikan harga kakao didukung pelemahan dollar AS dan aksi bargain hunting investor.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam kecenderungan melemah terbatas dengan penguatan dollar AS. Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Support pada posisi 2.210 dollar. Jika level Support tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.160 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan ditembus jika terjadi kenaikan ada pada 2.310 dollar dan 2.360 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here