Keyakinan Tiongkok Mencapai Pertumbuhan Ekonomi 6,7 Persen Tahun 2016

604

Tiongkok yakin telah mencapai pertumbuhan ekonomi 6,7 persen pada tahun 2016, dalam kisaran yang ditargetkan ditetapkan pada awal tahun, Wakil Menteri Keuangan Zhu Guangyao mengatakan pada hari Minggu. Perekonomian Tiongkok tumbuh stabil 6,7 persen pada tiga kuartal pertama tahun lalu, dan Zhu mengatakan ia yakin tingkat pertumbuhan akan mencapai tingkat yang sama atau lebih pada kuartal keempat 2016.

Pernyataan Zhu dibuat di sebuah forum yang diselenggarakan oleh Universitas Tsinghua di Beijing. Tiongkok yang telah menargetkan 6,5-7 persen pertumbuhan ekonomi untuk 2016, meningkatkan belanja pemerintah, melihat rally perumahan dan mencapai rekor tingkat tinggi pinjaman bank tahun lalu, bagaimanapun juga menyebabkan peningkatan besar dalam utang.

Banyak analis percaya pertumbuhan lebih rendah dari data resmi menunjukkan, namun mengakui bahwa lonjakan konstruksi secara signifikan mendukung perekonomian.

Sebuah lembaga think tank yang dikelola pemerintah mengatakan awal bulan ini bahwa pertumbuhan ekonomi Tiongkok bisa melambat menjadi 6,5 persen pada tahun 2017 dari sekitar 6,7 persen pada tahun 2016.

Zhu juga mengatakan ekonomi global akan menghadapi beberapa ketidakpastian tahun ini di tengah kekhawatiran tentang perubahan kebijakan AS setelah Presiden terpilih Donald Trump mengambil kantor pada 20 Januari. Selama kampanyenya, Trump mengancam untuk menyatakan Beijing sebagai manipulator mata uang dan memungut pajak hukuman 45 persen pada semua barang-barang Tiongkok untuk mengurangi defisit perdagangan AS yang besar dengan Tiongkok.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here