Pertumbuhan Kerja Desember AS Melambat, Namun Pertumbuhan Upah Naik Mantap

678
Vibizmedia Photo

Pekerjaan AS meningkat kurang dari yang diharapkan pada bulan Desember namun rebound upah memperlihatkan momentum lanjutan pasar tenaga kerja yang mendorong pertumbuhan kuat dan kenaikan suku bunga lebih lanjut dari Federal Reserve tahun ini.

Nonfarm payrolls naik 156.000 pekerjaan bulan lalu, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Jumat. Bagaimanapun, kenaikan dari cukup untuk menyerap pendatang baru ke dalam pasar tenaga kerja.

united-states-non-farm-payrolls

Ketua Fed Janet Yellen mengatakan ekonomi perlu menciptakan hanya di bawah 100.000 pekerjaan bulanan untuk menjaga dengan pertumbuhan populasi usia kerja. Pengusaha mempekerjakan 19.000 lebih pekerja dari yang dilaporkan sebelumnya pada bulan Oktober dan November.

Ekonomi AS menciptakan 2,16 juta pekerjaan pada tahun 2016. Penghasilan per jam rata-rata meningkat 10 sen atau 0,4 persen pada Desember setelah tergelincir 0,1 persen pada November. Yang mendorong kenaikan tahun-ke-tahun pada laba menjadi 2,9 persen, kenaikan terbesar sejak Juni 2009, dari 2,5 persen pada November.

united-states-average-hourly-earnings

Tingkat pengangguran naik hingga 4,7 persen dari level terendah sembilan tahun dari 4,6 persen pada November. Namun, itu masih di bawah 4,8 persen, perkiraan Fed untuk tingkat pengangguran alamiah, selama dua bulan berturut-turut. Para ekonom telah memperkirakan payrolls naik 178.000 pekerjaan bulan lalu.

Sebuah ukuran luas pengangguran yang mencakup orang-orang yang ingin bekerja tetapi telah menyerah mencari dan mereka yang bekerja paruh waktu karena mereka tidak dapat menemukan pekerjaan penuh-waktu jatuh sepersepuluh persentase poin menjadi 9,2 persen, tingkat terendah dalam lebih dari 8,5 tahun.

Laporan kerja menambahkan data mulai dari perumahan hingga manufaktur dan penjualan mobil dalam menyatakan bahwa Presiden terpilih Donald Trump mewarisi ekonomi yang kuat dari pemerintahan Obama. Momentum pasar tenaga kerja kemungkinan akan dipertahankan di tengah bisnis meningkat dan kepercayaan konsumen.

Trump, yang mengambil alih dari kursi Presiden dari Barack Obama pada 20 Januari, telah berjanji untuk meningkatkan belanja infrastruktur negara, memotong pajak dan mengurangi peraturan. Langkah-langkah ini diharapkan mendorong pertumbuhan tahun ini.

Pertumbuhan lapangan kerja pada tahun 2016 rata-rata 180.000 pekerjaan per bulan, turun dari kenaikan rata-rata 229.000 per bulan pada 2015. Perlambatan pertumbuhan lapangan kerja konsisten dengan pasar tenaga kerja yang berada di dekat lapangan kerja penuh. Pengusaha, terutama di sektor konstruksi, melaporkan kesulitan menemukan pekerja yang berkualitas.

Tingkat partisipasi angkatan kerja, atau pangsa usia kerja Amerika yang dipekerjakan atau setidaknya mencari pekerjaan, naik sepersepuluh dari persentase poin menjadi 62,7 persen pada Desember.

Ini masih dekat posisi terendah multi-dekade sebagian sebagai baby boomer pensiun. Keuntungan pekerjaan bulan Desember yang luas, dengan manufaktur payrolls meningkat 17.000 setelah turun selama empat bulan berturut-turut.

Payrolls konstruksi turun 3.000 pada bulan Desember, mungkin karena cuaca dingin, setelah tiga bulan berturut-turut meningkat.

Kerja sektor ritel naik 6.300 setelah meningkat 19.500 pada bulan November. keuntungan lebih lanjut kemungkinan akan terbatas setelah department store raksasa Macy pekan ini mengatakan akan memotong 10.000 pekerjaan mulai tahun ini.

Toko departemen telah menderita dari persaingan yang ketat dari saingan online, termasuk Amazon.com. Dukungan sementara menurun 15.500 bulan lalu, penurunan terbesar sejak Januari.

Kesehatan dan pekerjaan bantuan sosial naik 63.300. Restoran dan bar mempekerjakan 29.600 pekerja. Payroll pemerintah meningkat 12.000 pada bulan Desember.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here