Inflasi Tahun 2016 Tiongkok 2 Persen, Masih Jauh Dibawah Target 3 Persen

538

Harga konsumen Tiongkok tumbuh 2 persen tahun-ke-tahun pada tahun 2016, naik dari 1,4 persen pada tahun 2015, tetapi jauh di bawah target tahunan pemerintah 3-persen, Biro Statistik Nasional mengatakan pada hari Selasa (10/01).

Pertumbuhan indeks harga konsumen, ukuran utama inflasi, meningkat 2,1 persen dari tahun lalu di bulan Desember, sedikit turun dari kenaikan 2,3 persen di bulan November. Analis dalam perkiraan estimasi median tahunan pertumbuhan CPI sebesar 2,3%.

china-inflation-cpi

Dibandingkan dengan November, inflasi konsumen naik 0,2%, menyusul kenaikan 0,1% bulan sebelumnya. Prakiraan memperkirakan kenaikan 0,3% pada bulanan.

Ekonomi Tiongkok secara perlahan rebalancing, meskipun risiko terbalik berkat salah satu gelembung aset terbesar dalam sejarah. pembuat kebijakan Tiongkok meningkatkan upaya untuk mendinginkan nilai properti negara. Langkah-langkah yang luas dari pertumbuhan ekonomi telah stabil dalam beberapa bulan terakhir, sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia tampaknya memasuki masa pertumbuhan lebih lambat tapi stabil.

Sampai saat ini, pemerintah telah mengambil pendekatan tengah-jalan ke nilai-nilai real estate, menggunakan kombinasi stimulus moneter dan peraturan untuk memastikan nilai rumah tumbuh berbaris dengan ekonomi yang lebih luas. Selama bertahun-tahun, para pembuat kebijakan menjadi lebih toleran terhadap peningkatan nilai, bahkan ketika ekonomi menunjukkan tanda-tanda melambat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here