Optimisme Konsumen Jepang Akhir Tahun Naik 3 Tahun Tertinggi

533
Vibizmedia Photo

Indeks kepercayaan konsumen Jepang naik lebih dari ekspektasi pasar pada bulan Desember. Data survei dari Kantor Kabinet Jepang, Selasa (10/01), menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen di negara itu menguat ke level tertinggi dalam lebih dari tiga tahun pada bulan Desember.

Indeks naik 2,2 poin menjadi 43,1 pada Desember dari 40,9 pada bulan November. Ekspektasi konsensus adalah untuk indeks untuk naik ke 41,3.

japan-consumer-confidence

Indeks mata pencaharian keseluruhan naik 1,9 poin dari bulan November menjadi 42 pada Desember, sedangkan indeks pertumbuhan pendapatan naik 1,5 poin ke 41,9. Indeks kerja juga meningkat menjadi 45,7 dari 42,5, sementara indeks keinginan untuk membeli barang tahan lama naik 2,3 poin dari 40,5 pada bulan November menjadi 42,8 pada bulan Desember.

Sementara itu, persentase kelompok yang mengharapkan harga naik pada bulan Desember adalah 74,2 persen, sama seperti pada bulan sebelumnya, sedangkan rasio kelompok mengharapkan harga untuk “tetap sama sekitar 0 persen” pada bulan Desember adalah 17,2 persen, naik dari 1,4 poin persentase dari bulan November.

Terakhir persentase kelompok mengharapkan harga menurun pada bulan Desember datang di 5,5 persen, penurunan 1,2 poin persentase dari bulan November.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here