Bursa Eropa 11 Januari Bergerak Positif Menjelang Konferensi Pers Trump

621

Pasar saham Eropa berbalik positif pada perdagangan Rabu (11/01) dengan penantian investor untuk pidato pertama Presiden terpilih AS Donald Trump.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik tipis dengan sebagian besar bursa-bursa utama pulih dari awal yang negatif untuk sesi. FTSE 100 mencapai tinggi baru setelah rilis data industrial, yang menunjukkan rebound pada bulan November. Namun, jumlah impor melebihi ekspor, Reuters melaporkan.

Indeks FTSE berada pada 7.282,31, naik 6.84 poin atau 0,09%

Indeks DAX berada pada 11.620,80, naik 37,50 poin atau 0,32%

Indeks CAC berada pada 4.892,87, naik 4,64 poin atau 0,09%

Indeks IBEX 35 berada pada 9.437,90, turun -14,10 poin atau -0,15%

Fokus utama untuk hari Rabu akan ada langkah kebijakan konkret dari Trump yang akan berbicara di sebuah konferensi pers. Dia juga diharapkan untuk menguraikan masa depan urusan bisnis sendiri.

Telekomunikasi adalah yang sektor berkinerja terbaik pada Rabu, setelah beberapa kenaikan analis.

Sektor otomotif juga bergerak lebih tinggi, naik lebih dari 0,9 persen. Produsen mobil Jerman Volkswagen telah mencapai rancangan kesepakatan penyelesaian $ 4300000000 dengan pemerintah AS atas skandal emisi. Sahamnya naik sebesar 3,32 persen.

Utilitas di sisi lain adalah satu-satunya sektor yang turun. Pemerintah Prancis telah membuka penjualan saham 4,1 persen di perusahaan utilitas engie, Reuters melaporkan, dengan sahamnya turun lebih dari 3 persen dalam perdagangan pertengahan pagi.

Cobham, kelompok rekayasa Inggris, berada di bawah benchmark Eropa, turun lebih dari 14 persen setelah berita laba di bawah target pada 2016 dan harus mengurangi dividen final nya.

Rantai supermarket Inggris Sainsbury melaporkan Rabu pertumbuhan kecil dalam penjualan di kuartal ketiga, termasuk periode Natal. Pemasok makanan melonjak lebih dari 3,7 persen.

Taylor Wimpey, pembangun U.K., mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka memperkirakan tahun penuh profitabilitas dekat dengan ujung atas konsensus pasar, setelah penyelesaian rumah naik 4 persen pada 2016. Namun, sahamnya turun sebesar 1 persen.

Juga, agen real Foxtons mengatakan Rabu bahwa mereka memperkirakan laba inti kurang dari setengah dari yang lebih rendah dari perkiraan £ 25 juta pada tahun 2016, setelah penjualan turun karena suara Brexit dan kenaikan pajak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika pidato Trump memberikan optimisme penguatan ekonomi AS dan menguatkan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here