Harga Emas Rally Tertinggi 1 Bulan Terpicu Pelemahan Dollar AS dan Penantian Pidato Trump

495

Harga Emas rally ke level tertinggi dalam lebih dari sebulan pada akhir perdagangan Rabu dinihari (11/01) karena dolar AS merosot pada kecemasan sebelum konferensi pers oleh Presiden AS terpilih Donald Trump pada Rabu dan pada ketidakpastian keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Harga emas spot LLG naik 0,44 persen menjadi $ 1,186.36 per ons, sebelumnya sempat mencapai tertinggi sejak 15 Desember

Harga emas berjangka AS naik 0,16 persen pada $ 1,186.7 per ons.

Pasar sedang mencari petunjuk lebih lanjut tentang rencana pengeluaran Trump dalam pidato pertama sejak kemenangan mengejutkan pada bulan November, mendorong dolar lebih rendah.

Pound dan saham juga meluncur di tengah kekhawatiran dari “hard” Brexit setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May pada akhir pekan menyatakan dia tidak tertarik untuk Inggris mempertahankan keanggotaan Uni Eropa.

Emas, sering dianggap sebagai alternatif investasi selama masa ketidakpastian geopolitik dan keuangan, manfaat dari sentimen keenganan mengambil risiko di pasar.

Permintaan fisik yang kuat dari tahun baru Tiongkok juga mendukung harga.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, turun 1,06 persen menjadi 805,00 ton pada hari Senin. Kepemilikan telah turun sekitar 15 persen sejak pemilihan presiden November AS.

Perak naik 0,91 persen pada $ 16,835 per ons dan platinum adalah 0,19 persen lebih rendah pada $ 980,70. Platinum naik ke tertinggi dua bulan dari $ 981,90 per ons di sesi terakhir.

Palladium naik untuk sesi keenam, naik 0,66 persen pada $ 763,60 per ons setelah naik ke level tertinggi dalam lebih dari sebulan pada hari Senin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas untuk perdagangan selanjutnya berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Demikian juga penantian pidato Trump dan ketidakpastian seputar pelaksanaan Brexit, serta permintaan fisik Tiongkok, menjadi sentimen bullish bagi emas. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,184-$ 1,182, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,188-$ 1,190.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here