Rupiah 11 Januari Berakhir Merah dan Rugikan Bursa

501

Optimisme dollar AS melaju hingga perdagangan sesi Eropa hari Rabu (11/01) membuat langkah positif rupiah di sesi siang terpangkas kembali pada penutupan perdagangan valas dalam negeri. Rupiah anjlok di kisaran 13300 bersamaan dengan BI yang telah memangkas kurs referensinya pagi hari.

Lihat: Pidato Donald Trump Penggerak Pasar Global, Kekuatan Dollar AS Terpangkas

Buruknya pergerakan rupiah sepanjang hari dalam perdagangan bursa saham  tidak sanggup menambah masuknya  modal investor asing  melebihi arus keluar sehingga net sell  asing  tercetak Rp121 miliar. Tekanan jual investor asing tersebut menekan IHSG yang  anjlok 0,2%.

Lihat: IHSG 11 Januari Anjlok 3 Hari Berturut dan Masuk Zona Merah Lagi

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,03% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13305/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13328/US$. Untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia lebih lemah di  13327  dari perdagangan sebelumnya  di 13320, demikian kurs transaksi antar bank juga diperlemah ke 13393 dari  perdagangan sebelumnya 13387.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah esok hari diperkirakan akan melemah oleh kuatnya harapan rally dollar AS terhadap banyak rivalnya hingga akhir perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here