Konferensi Pers Trump Tidak Membahas Stimulus Fiskal dan Kebijakan Ekonomi

1027

Presiden terpilih AS Donald Trump menegaskan tekadnya untuk membuat sejumlah besar pekerjaan di ekonomi AS pada konferensi pers, Rabu (11/01). Namun tidak ada referensi tertentu dari stimulus fiskal dalam pidato pembukaan dan tidak menyebutkan langkah-langkah reformasi perpajakan atau kebijakan ekonomi lainnya.

Trump awalnya menolak spekulasi media terbaru, yang menunjukkan bahwa Rusia memiliki bukti yang memberatkan pada Trump dan ia menuduh badan intelijen membocorkan berita palsu. Dia mengakui bahwa Rusia mungkin berupaya melakukan hacking selama pemilu AS.

Ada juga penjelasan tentang pemutusan kontrolnya atas kepentingan bisnis dan transfer kontrol dari perusahaan untuk anggota keluarga lainnya.

Trump menegaskan bahwa AS diperlukan untuk membuat transaksi perdagangan yang lebih baik untuk memerangi kerugian perdagangan tahunan dengan negara-negara seperti Tiongkok dan Meksiko. Dia memperingatkan bahwa bisnis tidak bisa memindahkan kapasitas manufaktur ke Meksiko karena akan ada kebutuhan untuk membayar pajak perbatasan.

Trump juga menegaskan bahwa ia akan membangun tembok di perbatasan Meksiko dan bahwa ia tidak ingin menunggu selama setahun untuk memulai. Dalam konteks ini, Meksiko bisa membuat penggantian ke AS melalui pembayaran atau pajak daripada pembayaran dimuka. Dia menyatakan bahwa Meksiko mengambil keuntungan dari AS, tetapi bahwa ia dihormati pemerintah Meksiko dan bahwa kesalahan terletak pada pemerintah AS sebelumnya.

Trump juga menyatakan bahwa Tiongkok mengambil keuntungan dari AS secara ekonomi, yang meningkatkan kekhawatiran seputar ketegangan perdagangan potensial.

Trump juga menyebut Obamacare sebagai bencana yang kompleks dan berjanji bahwa Affordable Healthcare Act akan dicabut dan diganti, meskipun pasar skeptis atas jadwalnya.

Dolar AS pada awalnya menguat tajam menuju konferensi pers Presiden terpilih Trump dengan puncak USD / JPY di atas 116.80.

Namun Dolar AS melemah pada kekecewaan atas kurangnya komentar yang signifikan pada kebijakan fiskal dengan USD / JPY mencelupkan di bawah 116.00 dengan kekhawatiran atas perang dagang dengan Tiongkok juga penting. Treasury AS beringsut ke wilayah positif, sementara ekuitas sedikit berubah setelah mencelupkan ke dalam wilayah negatif.

Meksiko peso melemah ke rekor terendah sekitar 22,00 sebelum menemukan beberapa dukungan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here