Surplus Transaksi Berjalan November Jepang Menurun

634

Surplus transaksi berjalan Jepang menurun secara tahunan pada bulan November didukung oleh neraca perdagangan yang membaik, menurut data pemerintah yang dirilis Kamis (12/01).

Surplus transaksi berjalan, ukuran terluas dari perdagangan Jepang dengan seluruh dunia, naik 28% secara tahunan ke 1.416 triliun yen pada November sebelum penyesuaian musiman.

japan-current-account

Angka ini merupakan surplus terbesar untuk bulan November sejak 2007, tapi sedikit lebih sempit dari sebuah perkiraan surplus 1.464 triliun para ekonom yang disurvei oleh Nikkei, juga lebih lambat dari surplus bulan sebelumnya pada 1.720 triliun yen.

Neraca perdagangan berayun ke surplus 313.4 miliar yen karena impor turun. Surplus pendapatan utama turun 22% dari tahun ke 1.203 triliun yen surplus keuntungan pada investasi asing langsung yang menyempit.

Ukuran transaksi berjalan perdagangan barang, jasa, pariwisata dan investasi. Hal ini dihitung dengan menentukan perbedaan antara pendapatan Jepang dari sumber-sumber asing terhadap pembayaran kewajiban luar negeri dan tidak termasuk investasi modal bersih.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here