Bursa Hong Kong 13 Januari Berakhir Rebound Tertinggi 2,5 Bulan; Mingguan Melonjak 2 Persen

660
indeks hang seng

Di akhir perdagangan bursa Hong Kong Jumat (13/01), indeks Hang Seng ditutup naik 108,36 poin, atau 0,47 persen pada 22937.38, mencapai 2,5 bulan tertinggi. Saham-saham Hong Kong rebound pada hari Jumat untuk meraih kemenangan beruntun tiga minggu, dibantu oleh kekuatan di sektor energi dan kelas berat China Vanke Co Ltd, pengembang terbesar kedua di daratan.

Penguatan akhir pekan ini mendorong indeks Hang Seng naik 1,9 persen minggu ini. Kenaikan mingguan didukung oleh rally harga komoditas di Tiongkok, juga kinerja positif saham utilitas dan jasa serta harapan positif menjelang konferensi pers Presiden terpilih AS Donald Trump.

Investor menyambut terobosan Vanke dalam perjuangan yang telah berlangsung lebih dari setahun, setelah yang pemegang saham No. 2 China Resources Group memutuskan untuk menjual seluruh sahamnya ke Shenzhen Metro Group.

Saham indiktor utama industri ini melonjak sekitar 5,7 persen pada penutupan, memukul tertinggi satu bulan.

Pada akhir perdagangan, hampir semua sektor membuat kenaikan moderat, dengan sektor energi pemain terbaik, naik lebih dari 2,7 persen.

Saham perusahaan minyak termasuk CNOOC Ltd dan PetroChina Co Ltd menguat, masing-masing naik 2,4 persen dan 2,6 persen, karena harga minyak naik tajam dari dua sesi sebelumnya.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng terpantau naik 74,00 poin atau 0,32 persen pada 22,956,00 naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 22,882.00.

Malam nanti akan dirilis data Retail Sales Desember dan Michigan Consumer Sentiment Januari AS, yang keduanya diindikasikan meningkat. Jika terealisir berpotensi menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan bergerak positif jika bursa Wall Street menguat malam nanti. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah. Secara teknikal Indeks Hang Seng akan bergerak dalam kisaran Support 22,462-21,951, dan kisaran Resistance 23,442-23,968.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here