Harga Timah 13 Januari Merosot Terganjal Pelemahan Impor Tiongkok

390

Harga timah di bursa Malaysia turun pada perdagangan Jumat (13/01). Penurunan harga timah tertekan pelemahan impor Tiongkok.

Pagi tadi dirilis impor Tiongkok bulan Desember 2016 yang bukukan kenaikan 3,1 persen, namun turun dari pertumbuhan 6,7 persen di bulan November.

Pelemahan impor Tiongkok memicu kekuatiran penurunan permintaan dari negara konsumen logam dasar terbesar di dunia ini.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia berakhir menurun hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 20.950 dollar per ton, turun sebesar -150 dollar atau -0,7 persen dari penutupan sebelumnya pada 21.100.

Malam nanti akan dirilis data Retail Sales Desember dan Michigan Consumer Sentiment Januari AS, yang keduanya diindikasikan meningkat. Jika terealisir berpotensi menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya akan bergerak lemah jika dollar AS terealisir naik. Harga akan menghadapi level Support di posisi 20.750 dollar dan 20.550 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 21.150 dollar dan 21.350 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here