Kamboja, Laos Dan Myanmar Akan Tumbuh Lebih Cepat Dari Raksasa Ekonomi Tiongkok

1540

Negara dengan perekonomian terkecil di Asia akan tumbuh lebih cepat dari raksasa ekonomi seperti Tiongkok, menurut Bank Dunia.

Kamboja, Laos dan Myanmar akan melaporkan ekspansi ekonomi paling cepat di Asia setelah India untuk 2017-2019, dengan tetap mempertahankan tingkat pertumbuhan mendekati 7 persen, menurut perkiraan yang dirilis minggu ini.

Terletak di wilayah Mekong, negara-negara perbatasan di Asia Tenggara sedang meningkatkan dorongan infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan dan diversifikasi ekonomi mereka karena mereka berusaha untuk mengubah citra mereka selama ini sebagai negara terpencil di kawasan itu.

Vietnam – yang telah mengubah arah ekonomi mereka, dari mengutamakan pertanian kepada negara eksportir barang elektronik seperti smartphone, demikian pernyataan Eugenia Victorino, seorang ekonom untuk Australia & New Zealand Banking Group yang berbasis di Singapura.

Mereka mengandalkan Tiongkok untuk yang berinvestasi dalam segala hal dari rel kereta api sampai ke real estate di tiga negara.

Setelah dekade pemerintahan militer, Myanmar adalah liberalisasi ekonomi dan mengadopsi reformasi pasar setelah transisi menuju demokrasi. Tiongkok adalah mitra dagang terbesar dan membangun zona ekonomi khusus, pembangkit listrik dan pelabuhan dalam air di wilayah pantai barat.

Di Laos, proyek rel kereta api yang membentang dari wilayah Tiongkok sampai ke wilayah utara Laos yang bernilai $ 5,7 miliar dan selama ini mangkrak, telah diresmikan dimulainya pembangunannya kembali di bulan lalu, demikian laporan yang dikeluarkan oleh Global Construction Review. Kamboja telah memperoleh daya tarik khusus bagi produsen Tiongkok yang sedang mencari lahan baru untuk industri mereka, yang sejalan dengan strategi Tiongkok untuk mengekspor kapasitas industri melalui program yang terkenal dengan nama One Belt, One Road.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here