Perkuat Badan Usaha Milik Negara, Tiongkok Lakukan Merger Besar-Besaran

1107

Dewan Negara menyetujui merger China National Cotton Cadangan Corp dengan China Grains Reserve Corp, yang dikenal sebagai Sinograin, demikian laporan yang ditayangkan oleh China Central Television pada hari Kamis kemarin. Perusahaan baru ini akan menggabungkan aset senilai 1,47 triliun yuan atau $ 213 miliar.

Pemerintah Tiongkok telah berjanji untuk merombak perusahaan milik negara sebagai bagian dari reformasi disisi penawaran dan berusaha untuk mempercepat penjualan cadangan hasil pertanian mereka. Group ini menguasai sekitar setengah dari persediaan jagung dan kapas di dunia dan memiliki cadangan besar gandum, beras dan minyak goreng setelah sistem dukungan negara mendorong petani untuk meningkatkan produksi dan beberapa pabrik bergeser ke impor produk-produk murah.

Akhir tahun lalu, pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai persediaan jagung dan mengatakan akan meningkatkan kebijakan harga pembelian minimum untuk gandum dan beras demi meningkatkan efisiensi.

Dewan Negara Tiongkok juga telah menyetujui merger dari Chinatex Corp dan Cofco Corp China dan juga berencana untuk menggabungkan Sinochem Group dan China National Chemical Corp.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here