Rupiah Jumat Pagi Tertekan Rebound Dollar AS

659

Memulai perdagangan pasar valas tanah air  hari akhir pekan (13/1), rupiah dibuka retreat setelah perdagangan sebelumnya mencapai posisi tertinggi dalam 2 bulan. Reboundnya dollar AS memberikan tekanan bagi  rupiah dan juga bagi BI yang melemahkan kurs referensinya hari ini.

Pelemahan rupiah awal perdagangan  menambah    aliran  keluarnya  modal investor asing  melebihi arus masuknya di bursa saham  hingga tercetak net sell  sebesar Rp134  miliar lebih.  Tekanan jual investor asing tersebut  tidak berhasil menekan  IHSG  yang dibuka menguat.

Lihat: IHSG 13 Januari Dibuka Naik Terbantu Aksi Beli Saham Investor Lokal

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,27% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13316/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13305/US$. Demikian untuk kurs Jisdor ditetapkan BI ke posisi  lebih lemah di 13308  dari perdagangan sebelumnya  di 13288.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat pada akhir perdagangan  oleh lemahnya pergerakan dollar AS di pasar internasional, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13350 dan  resistance di 13260.

H Bara/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here